Sekolah dari Rumah Bisa Pakai Android TV

Android TV.
Sumber :
  • Android

VIVA – Platform penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi, Kelas Pintar, mengumumkan cara baru dalam mengakses layanannya. Selain menggunakan smartphone, tablet, PC dan laptop, kini pengguna bisa mengandalkan Android TV.

"Ini adalah solusi untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih efektif, pengawasan orangtua juga menjadi jauh lebih nyaman dan efektif," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Kelas Pintar, Fernando Uffie, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 17 Februari 2021.

Pembelajaran jarak jauh atau PJJ menggunakan televisi juga diklaim lebih aman dilihat dari kesehatan mata anak, di mana saat sekolah di rumah, anak harus berlama-lama ada di depan gadget dan dari jarak yang dekat. Solusi ini diharapkan menjawab kekhawatiran yang ada.

Selain itu, keberadaan aplikasi Kelas Pintar versi Android TV diharapkan bisa memberikan proses pendampingan belajar yang lebih leluasa dan nyaman, karena ukuran layar yang relatif lebih lapang.

Namun, Kelas Pintar versi Android TV ini masih terbatas dan hanya untuk produk layanan SOAL. Untuk mengaksesnya pengguna harus mengunduh aplikasi Kelas Pintar melalui Google Play Store di Android TV, lalu melakukan 'sign in' bagi yang sudah terdaftar atau pilih 'daftar' bagi yang belum.

Pengguna juga bisa mempelajari materi pelajaran dalam format video maupun presentasi yang ada di layanan SOAL. Para siswa dan siswi juga bisa berlatih soal-soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan penjelasan untuk memahami materi dari soal tersebut.

Di sini para siswa dan orangtua juga bisa melihat raport siswa, "Inovasi kami tidak akan berhenti di sini. Kami juga akan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia," ungkap Fernando.

Pada kesempatan yang sama, Kelas Pintar juga mengumumkan kolaborasinya dengan penyedia akses internet cepat Oxygen.id untuk menyediakan paket belajar pintar dengan internet lancar. Keduanya menjanjikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari Kelas Pintar akan berlangsung cepat dan lancar tanpa batasan kuota internet.

Dalam kolaborasi ini Kelas Pintar memberikan paket penawaran spesial. Untuk paket Kelas Pintar 1 bulan misalnya, harga normal hanya Rp825 ribu per bulan. Tapi saat ini pelanggan hanya perlu mengeluarkan Rp55 ribu per bulan. Sedangkan Paket Kelas Pintar 1 Tahun dapat diperoleh dengan harga Rp550 ribu per tahun.