Canggihnya Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra vs Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra vs Galaxy Note 20 Ultra.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA – Seri ponsel flagship alias berasal dari kelas premium yang dirilis Samsung biasanya hadir dengan beberapa varian. Kelas paling tingginya adalah versi ultra. Nah, Samsung Galaxy S21 Ultra yang baru saja diumumkan menandai iterasi ketiga mereka dalam upaya mengejar label sebagai camera phone.

Sama-sama menyandang gelar sebagai ponsel premium, apa jadinya jika kamera Samsung Galaxy S21 Ultra diadu dengan Galaxy Note 20 Ultra yang dirilis sekitar enam bulan yang lalu? Sekadar informasi, Samsung Galaxy Note 20 Ultra harganya Rp16,5 juta, sedangkan Galaxy S21 Ultra mencapai Rp19 juta.

Baca: Bocoran Harga Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy S21 Ultra hadir dengan sejumlah besar perangkat keras baru, termasuk kamera utama. Seluruh pengaturan kamera yang ada di sana tidak pernah terlihat sebelumnya.

Lensa utamanya menggunakan sensor Nonacell 108MP generasi kedua serta Isocell HM3. Peningkatan utama ada di HM1, adalah Smart-ISO Pro yang memanfaatkan kemampuan dual native ISO, menggunakan dua level penguatan dalam bidikan yang sama.

Bukan hanya sensornya yang berubah tapi lensanya juga lebih lebar, berukuran 24 mm. Sedangkan Samsung Galaxy Note 20 Ultra hanya 26 mm. Aperturnya tetap pada angka f/1.8 dan masih memiliki stabilisasi optik, menurut laman GSM Arena, Kamis, 18 Februari 2021.

Tambahan baru lainnya pada Ultra v.3 adalah autofokus pada kamera ultra wide. Samsung menyematkan sensor 12MP 1/2.55 inchi. Piksel baru ini juga memiliki kemampuan AF piksel ganda. Perusahaan juga memberi bidang pandang 120 derajat pada kedua lensa serta aperture f/2.2.

Samsung Galaxy S21 Ultra dilengkapi dengan sensor 10MP 1/3.24 inchi dengan piksel 1,22?m. Salah satunya berfungsi sebagai tele 3x, sementara yang satunya lagi menggunakan desain lipat untuk lensa periskop zoom 10x.

Adapun Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki kamera telefoto tunggal dengan tingkat zoom 5x, setara 120 mm. Sensor 12MP 1/3.4 inci yang digunakannya memiliki piksel 1,0?m, sedangkan lensa yang distabilkan memiliki aperture f/3.0.

Samsung Galaxy S21 Ultra dirancang untuk menawarkan kinerja yang lebih baik dalam cahaya rendah serta memberikan peningkatan pada mode potretnya. Perangkat ini juga menggunakan kamera depan yang lebih tajam pada resolusi 40MP. Sementara Samsung Galaxy Note 20 Ultra hanya 10MP. Untuk kualitas gambar, Samsung Galaxy S21 Ultra masih lebih baik jika dibandingkan Galaxy Note 20 Ultra.