Netflix atau Disney Plus, Kamu Pilih Nonton Mana?

Netflix vs Disney Plus.
Sumber :
  • The EYE

VIVA – Meskipun Disney Plus tidak memiliki banyak konten seperti rivalnya Netflix, namun sejumlah orang secara mengejutkan meninggalkan raja video streaming yang sudah mapan itu dan bertransmigrasi ke layanan baru milik Disney tersebut.

Hingga 2019, Disney masih bekerja dengan Netflix dan memberi perusahaan hak untuk streaming film terbarunya. Disney juga meluncurkan sejumlah acara orisinal di Netflix, termasuk serial TV Marvel yang masih tersedia untuk video streaming di Netflix.

Namun, era itu sudah berakhir. Disney Plus berharap kontennya yang ramah keluarga akan menarik banyak orang dan menjauh dari Netflix. Selain itu Disney Plus memiliki sejumlah kecil acara dan film orisinal, seperti Star Wars The Mandalorian.

Berikut adalah perbedaan dari dua layanan video streaming tersebut sebagaimana dilansir dari laman Android Authority, Rabu, 3 Maret 2021. Kamu bisa jadikan referensi untuk memilih, apakah layanan video streaming Netflix atau Disney Plus.

Harga

Disney Plus memiliki biaya langganan per bulan Rp39 ribu dan per tahun Rp199 ribu. Kemudian Netflix untuk paket mobile dibanderol Rp54 ribu, paket basic Rp120 ribu, paket standard Rp153 ribu, dan paket premium Rp186 ribu. Itu semua dihitung per bulan.

Platform

Disney Plus tersedia untuk perangkat seluler Android dan iOS, perangkat Chromecast, serta TV dengan kemampuan Chromecast bawaan, TV Android dan dekoder seperti Nvidia Shield.

Pengguna juga dapat melakukan streaming di PC dengan browser web. Lalu, tersedia untuk konsol Microsoft Xbox One dan Xbox Series X/S dan juga konsol Sony PlayStation 4 dan 5. Perangkat Android TV, smart TV Vizio, dan smart TV Samsung dan LG memiliki aplikasi Disney Plus.

Sedangkan Netflix tersedia untuk smartphone dan tablet iOS serta Android, dan mendukung perangkat berbasis Roku dan Amazon Fire TV, perangkat Chromecast, dan TV dengan Chromecast bawaan. Ini juga mendukung televisi berbasis TV Android dan set-top box. Platform juga tersedia di berbagai browser web untuk laptop dan desktop PC.

Netflix tersedia di banyak konsol game, termasuk Microsoft Xbox One dan Xbox Series X/S, Sony PlayStation 4 dan 5, bahkan Nintendo Wii U dan 3DS. Di kategori platform, layanan milik Reed Hastings itu ada di posisi unggul.

Ketersediaan

Kategori ini cukup mudah diberikan kepada Netflix. Saat ini Netflix ada di 190 negara. Hanya empat negara yang tidak ada layanan tersebut, yakni China, Korea Utara, Krimea di Rusia, dan Suriah.

Sebaliknya, Disney Plus diluncurkan di Amerika Serikat (AS), Kanada, Belanda, Australia, dan Selandia Baru. Diperluas ke wilayah lain di Eropa, termasuk Inggris, Irlandia, Jerman, Italia, Spanyol, Austria dan Swiss, bersama dengan India, pada Maret 2020.

Disney Plus juga sudah merambah Prancis pada April 2020 dan Jepang pada Juni 2020. Lalu, Belgia, Portugal, Luksemburg dan Nordik pada September 2020, serta Amerika Latin pada November 2020.