Cara Samsung Menjatuhkan iPhone

iPhone vs Samsung.
Sumber :
  • XDA Developers

VIVA – Samsung merilis fitur iTest untuk merayu pengguna iPhone supaya beralih ke Android. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone menjajal tampilan antarmuka (user interface/UI) Samsung Galaxy, tanpa perlu memiliki ponsel Android buatan Korea Selatan itu.

Caranya mudah. Pengguna iPhone dapat mengunjungi situs https://itest.nz/ melalui browser seluler mereka. Saat dikunjungi, situs tersebut meminta pengguna untuk menambahkannya ke layar utama ponsel mereka, setelah itu berubah menjadi pintasan ke perangkat simulasi Samsung Galaxy.

Baca: Ponsel Ini Paling Laku di Dunia pada Awal 2021

Berdasarkan tampilannya, situs tersebut nampaknya merupakan karya Samsung Selandia Baru. Pengalaman yang ditawarkan mungkin terbatas, tetapi ini adalah pemasaran yang dirancang dengan rapi.

"Kami tahu bahwa gagasan untuk beralih ke sistem operasi baru dapat menjadi hal yang menakutkan bagi banyak pengguna ponsel," kata Marketing Manager Flagship Mobile Samsung Selandia Baru, John Alexander, seperti dikutip dari situs Scoop, Senin, 12 April 2021.

Di sana, pengguna iPhone cukup memindai (scan) kode QR (QR Code) yang tersedia untuk menjalankan fitur Samsung iTest di perangkat iPhone mereka. Nantinya, Samsung iTest akan muncul di layar home screen iPhone dalam bentuk aplikasi.

Setelah aplikasi Samsung iTest diklik, barulah tampilan iPhone akan berubah secara otomatis menjadi Android UI Samsung Galaxy. "Anda akan sedikit merasakan pengalaman seperti menggunakan ponsel Samsung, tanpa harus mengganti perangkat Anda," ungkapnya.

Ia juga mengaku tidak dapat mereplikasi setiap fungsi, namun pengguna akan melihat bagaimana perubahannya ketika mereka beralih ke tampilan lain. Bahkan, Samsung memasukkan beberapa lelucon dan mencatat bahwa aplikasi Pengaturan disederhanakan agar pengembangnya dapat istirahat makan siang.

Selain bertujuan untuk menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengguna iPhone, Samsung juga memanfaatkan fitur ini sebagai ajang promosi produk Galaxy lainnya, seperti TWS Galaxy Buds Pro, Galaxy Buds Live, dan smartwatch Galaxy Watch 3.