Bank Digital Korea Tak Ambil Pusing Gaet Nasabah di Indonesia

Bank Digital.
Sumber :
  • Medium

VIVA – Line Bank resmi diumumkan hadir di Indonesia. Bank digital ini merupakan kolaborasi antara PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) dengan Line Corporation, salah satu platform seluler terbesar di Asia dan Line Financial Asia.

Sebelumnya, Line Bank sudah hadir untuk pasar Thailand dan Taiwan. Adapun Line Bank telah dapat diakses melalui Play Store maupun App Store di Indonesia sejak 10 Juni 2021.

Direktur Consumer Banking Bank KEB Hana Indonesia Anton hermawan mengatakan bahwa dunia perbankan dan keuangan telah memasuki era baru. Yaitu, era di mana transaksi harus real-time, kegiatan perbankan tanpa hambatan, serta keamanan berlapis menjadi kebutuhan sehari-hari.

"Industri perbankan telah bertransformasi secara bertahap untuk dapat memenuhi kebutuhan ini. Dalam 1,5 tahun terakhir, kebutuhan dan persepsi kita terkait kegiatan menabung, berinvestasi, dan transaksi sangat terpengaruh oleh pandemi COVID-19," ungkapnya, Jumat, 25 Juni 2021.

Artinya, ia melanjutkan, pada masa yang tidak biasa ini ketergantungan pada teknologi dan koneksi internet semakin meningkat. Anton mengaku Line Bank sudah membidik pasar generasi Z dan milenial yang terbiasa dengan ekosistem Line, fasih dengan dunia digital, serta menguasai penggunaan teknologi terkini.

Aplikasi baru ini juga menyasar masyarakat dari segmen usia lainnya, yaitu mereka yang lahir dan tumbuh di era kebangkitan digital, sangat terbiasa menggunakan teknologi, serta memiliki tujuan keuangan yang jelas.

Sementara itu, Funding Product and Digital Marketing Head Bank KEB Hana Indonesia Hilda Limayanton menyebut Line Bank menawarkan layanan tabungan, kartu debit, dan deposito. Ia juga memastikan bakal menghadirkan sejumlah inovasi produk dan layanan lainnya dalam waktu dekat.

Inovasi pada produk tabungan, misalnya. Nasabah akan digratiskan biaya bulanan, tarik tunai, dan transfer di ATM mana saja. “Kami mengerti nasabah tidak ingin dibebankan biaya lebih untuk mengakses rekeningnya,” tutur Hilda.

Nasabah yang ingin membuka rekening dapat melalui daring atau tanpa harus ke bank. Calon nasabah hanya perlu menyiapkan KTP, smartphone dan akses internet. Kemudian hingga lima menit, akun telah berhasil dibuat.

Produk kedua, untuk kartu debit. Nasabah dapat memilih empat pilihan warna dengan desain karakter Line yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk nasabah di Pulau Jawa, kartu debit akan dikirimkan langsung ke lokasi. Lalu, saldo dapat digunakan membeli token pin dan pulsa.

Sementara untuk produk deposito berbeda dengan bank lainnya. Line Bank menawarkan deposito berjangka mulai dari Rp1 juta dengan jangka waktu fleksibel dari kelipatan satu bulan dan dapat dicairkan kapan saja tanpa adanya penalti.

Kehadiran Line Bank diinisiasi melalui kerja sama strategis antara Bank Hana dan Line pada Oktober 2018. Saat itu, Line Financial Asia mengakuisisi 20 persen kepemilikan Bank Hana melalui Perjanjian Penyertaan Modal.