Trik Nambah Ilmu Bagi yang Tidak Punya Waktu

Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia.
Sumber :
  • Noice

VIVA – Aplikasi audio streaming atau podcast Noice meluncurkan produk audiobook bernama Noicebook. Fitur ini ditujukan bagi pendengar yang ingin membaca buku, namun tidak memiliki waktu luang.

Menurut Kepala Eksekutif Noice Adrian Syarkawie, kehadiran Noicebook karena adanya kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan sangat tinggi untuk masyarakat Indonesia. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, tidak mudah bagi kebanyakan orang menyediakan waktu khusus untuk membaca buku.

Tidak seperti audiobook kebanyakan, Noicebook merangkum intisari dari setiap bab dalam buku tersebut, sehingga dalam waktu 15 menit saja pendengar sudah bisa menyelesaikan ratusan halaman dan tetap mendapatkan esensi dari buku tersebut.

Selain memanjakan pendengar yang tidak memiliki waktu untuk membaca, Adrian menyebut, Noicebook juga hadir membantu orang-orang berkebutuhan khusus untuk menikmati konten literatur.

Noice.

Photo :
  • noice.id

“Kami yakin konsep Noicebook dapat dengan mudah dicerna oleh masyarakat dan menghemat banyak waktu. Kami akan terus memperbanyak pustaka konten buku Noicebook dan memperlebar topik yang tersedia," kata dia, Jumat, 23 Juli 2021.

Topik tersebut seperti sejarah, kisah inspirasi, dan pengetahuan soal keuangan. Tak hanya itu, Noice juga akan mengajak beberapa penerbit buku untuk bekerja sama sehingga dapat terus memperluas konten audiobook.

Saat ini 20 judul buku telah tersedia di Noicebook dalam cakupan tiga topik besar, yaitu pemasaran dan bisnis, hubungan interpersonal (relationship), dan peningkatan kapasitas personal (self-improvement).

Beberapa buku best-seller yang tersedia di Noicebook di antaranya Pria dari Mars dan Wanita dari Venus (Men are from Mars, Women are from Venus) karya John Gray, Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia (Sapiens: A Brief History of Humankind) karya Yuval Noah Harari, serta Berpikir cepat & lambat (Thinking, Fast and Slow) karya Daniel Kahneman.

Kehadiran Noicebook juga diapresiasi sejumlah netizen. “Akhirnya nemuin juga yang bacain buku. Thanks, Noicebook!” kata akun @nurlatifah. “Walaupun gue tipe pembaca buku konvensional, tapi gue appreciate banget NOICE bukin audiobook gini buat nemenin di jalan kalau lagi nyetir. Thank you NOICE!” jelas akun @zahrayu. “Gokil dah. Buku Sapiens yg jumlah halamannya 400-an dirangkum jadi belasan menit doang. Terbaik!!!” kata akun @rickyadary.