Pandemi Bikin Stres, Saatnya Beralih ke Podcast

Direktur Utama Noice Adrian Syarkawie.
Sumber :
  • Noice

VIVA – Aplikasi audio streaming atau podcast Noice terus melakukan pengembangan yang bertujuan untuk memberikan banyak akses terhadap konten yang lebih variatif. Pilihan konten audio yang sudah dikurasi terlebih dahulu akan menjadikannya sebagai medium yang menghibur dan berkualitas untuk dinikmati.

Saat ini Noice memiliki lebih dari 100 judul dan 2.600+ episode konten exclusive dan original dari berbagai kreator dengan genre yang berbeda-beda. Selain itu, podcast besutan PT Mahaka Radio Integra Tbk tersebut punya 770 ribu pendengar, dan pendengar hariannya bisa mendengarkan Noice selama lebih dari 1 jam per hari.

"Dalam waktu dekat kami akan menghadirkan konten-konten podcast yang didistribusikan melalui feed RSS, sehingga pengguna Noice bisa menikmati lebih banyak lagi konten podcast di luar Noice exclusive dan originial," kata Direktur Utama Noice Adrian Syarkawie, Minggu, 8 Agustus 2021.

Dengan harapan supaya pendengar dapat menjelajah lebih banyak konten di Noice serta mendapatkan hiburan di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai.

Hal ini diperkuat oleh Studi dari UC Berkeley berjudul Natural speech reveals the semantic maps that tile human cerebral cortex pada 2016, yang menemukan bahwa mendengarkan cerita naratif seperti podcast dapat merangsang banyak bagian di otak.

Sebelumnya, Noice telah meluncurkan produk audiobook bernama Noicebook. Fitur ini ditujukan bagi pendengar yang ingin membaca buku, namun tidak memiliki waktu luang di mana dalam kehidupan sehari-hari tidak mudah bagi kebanyakan orang menyediakan waktu khusus untuk membaca buku.

Tidak seperti audiobook kebanyakan, Noicebook merangkum intisari dari setiap bab dalam buku tersebut, sehingga dalam waktu 15 menit saja pendengar sudah bisa menyelesaikan ratusan halaman dan tetap mendapatkan esensi dari buku tersebut.

Selain itu, Noice baru-baru ini mengumumkan kemitraan istimewa dengan Telkomsel yang berlaku hingga 31 Oktober 2021. Bentuk kerja samanya berupa free access ke aplikasi Noice bagi pendengar yang menggunakan operator telekomunikasi pelat merah tersebut.

Artinya, para pengguna Telkomsel bebas mengakses konten Noice exclusive dan original tanpa kuota. "Kerja sama ini hanya awalan saja. Kami sedang mengeksplore lebih jauh bentuk-bentuk kerja sama lain,” jelas Adrian.