Satu Miliar Android Dihantui Peretas, Ini Siasat Samsung

Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Samsung bergerak cepat merespons temuan celah keamanan pada sistem operasi Android, Stagefright.

Diketahui sebelumnya, pada akhir Juli lalu, peneliti keamanan mengungkapkan hampir semiliar perangkat Android rawan disusupi dengan memanfaatkan celah keamanan tersebut.

Stagefright merupakan celah keamanan yang potensial digunakan peretas mengendalikan perangkat Android melalui program komputer jahat pesan multimedia (MMS).

Nah, untuk mencegah hal serupa terjadi di masa mendatang, perusahaan Korea Selaatan itu mengumumkan akan segera meluncurkan proses pembaharuan keamanan Android. Pembaharuan tersebut akan dilakukan rutin setiap bulan.

Dilansir Phone Arena, Kamis 6 Agustus 2015, untuk merespons celah keamanan Stagefright, Samsung mengatakan segera menambal celah tersebut. Langkah ini sangat sigap dibanding respons Samsung atas celah keamanan yang lainnya.

Guna menambal celah tersebut, Samsung akan menggandeng para operator. Raja Android itu juga mempertimbangkan pentingnya 'pelacakan cepat' celah keamanan dan kemudian menambal secepat mungkin.

"Dalam masalah keamanan baru-baru ini, kami telah memikirkan kembali pendekatan untuk memperbaharui keamanan pada perangkat kami dalam tepat pada waktunya," kata Executive Vice President Samsung Dong Jun Koh dalam situs resmi perusahaan.

Jun Koh menekankan perlunya respons cepat untuk mengatasi masalah celah keamanan yang mengancam para perangkat Android.

"Mengembangkan proses respons cepat untuk mengirimkan tambalan keamanan pada perangkat kami adalah penting untuk melindungi mereka (perangkat)," kata dia.

Soal rilis update keamanan tersebut, Samsung belum memberikan waktu yang detail. Samsung disebutkan merupakan perusahaan ponsel pintar pertama yang telah melangkah untuk menambal kerentanan Stagefright.