Virtual Office Bikin Startup Hemat Anggaran Sewa Kantor 50 Persen

Ilustrasi karyawan bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam membangun usaha kecil maupun menengah, virtual office diklaim telah dipercaya oleh UMKM untuk dijadikan andalan dalam kebutuhan ruang kerja. Tak hanya karena harga yang bersahabat, UMKM dianggap sudah mengerti konsep virtual office.

Oleh karena itu, segmen UMKM dianggap memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan tren virtual office. Apalagi peranan UMKM pada perekonomian nasional terhitung cukup besar, yakni mencapai lebih dari 90 persen dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 97 persen. UMKM pun menyumbang pertumbuhan terhadap Produk Domestic Bruto hingga 60,34 persen.

Salah satu platform penyedia jasa sewa virtual office dan ruangan meeting, kantor maupun co-working space, XWORX, mengklaim bahwa para pengguna virtual office yang sekarang menggunakan XWORK masih di dominasi oleh UMKM hingga startup yang masih dalam tahap yang sangat dini, atau usaha-usaha yang membutuhkan pekerjanya untuk berpindah-pindah. 

Dengan virtual office, menurut pihak XWORX, UMKM dapat menghemat anggaran sewa kantor secara signifikan hingga di atas 50 persen.

“Virtual office adalah sebuah jasa sewa ‘alamat kantor’ dimana klien menyewa alamat guna korespondensi surat dan penerimaan tamu. Klien tidak memiliki lokasi fisik, tapi memiliki alamat terdaftar yang tetap. Ini sangat berguna bagi mereka yang sifat pekerjaannya selalu berpindah, namun tetap ingin memiliki alamat untuk urusan surat-menyurat mereka.” kata Direktur XWORK, William Budihardjo, dalam keterangannya, Jumat, 28 September 2018.

Virtual office diklaim telah berubah menjadi tren baru yang akan meningkat pesat 5 tahun ke depan. Ini karena konsep tersebut memungkinkan usaha-usaha UMKM dapat beroperasi dengan biaya yang lebih ringan. 

"Banyak perusahaan baru akan muncul dan lebih terdorong untuk berkarya, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Konsep yang dulunya diragukan dan hanya dianggap tren, kini telah menjadi gambaran masa depan dan akan berintegrasi dengan budaya bisnis," kata William.

XWORK sebagai platform online hadir sebagai wadah yang mempermudah akses klien kepada virtual office dan Klien dapat memilih paket virtual office sesuai kebutuhan dan anggaran mereka melalui website. Ini dimungkinkan karena XWORK telah bekerjasama dengan penyedia jasa dan virtual office di Indonesia sejak awal keberadaannya di tahun 2016.