Top Karir Sediakan Sertifikasi Keahlian untuk Milenial

Co-Founder and Chief Executive Officer Top Karir Indonesia, Bayu Janitra
Sumber :

VIVA – Situs maupun aplikasi pencari kerja saat ini sudah banyak tersedia, tujuan utamanya tentu membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satunya, Top Karir Indonesia. Tak sekadar menyajikan informasi lowongan, platform ini memiliki karakteristik yang berbeda dibanding situs lain yang sejenis.

Co-Founder and Chief Executive Officer Top Karir Indonesia, Bayu Janitra Wirjoatmodjo, mengatakan, perusahaannya itu menargetkan anak muda usia 18-29 tahun. Poin berikutnya adalah mereka tidak hanya hadir sebagai platform dengan komposisi lowongan pekerjaan saja.

"Kami memiliki lima pilar yang jadi pembeda dengan portal lain. Ada lowongan pekerjaan, pelatihan dan sertifikasi, informasi beasiswa dan kelanjutan studi, karir tips dan kewirausahaan. Jadi beda banget dengan yang lain," ujarnya saat ditemui VIVA menjelang konferensi pers, di Jakarta, Selasa, 13 November 2018.

Top Karir Indonesia menurutnya dapat disebut sebagai karir portal karena fokusnya dalam pengembangan karir, berbeda dengan platform sejenisnya yang mereka sebut sebagai job portal. Pengunjung juga bisa memperoleh sertifikasi dari pelatihan yang sifatnya umum.

"Sertifikasi masih general karena kita kerjasama dengan banyak pihak. Ada yang fokus ke pelatihan teknis, contohnya kaya las atau welding, itu ada sendiri. Dan masih banyak lagi pelatihan lain yang bisa mereka manfaatkan," katanya.

Adapun sertifikasi untuk kewirausahaan, yang pada tahap awal akan diberikan aspirasi. Mereka akan berbicara mengenai socialpreneurship yang telah bekerjasama dengan berbagai pihak. Alasannya karena banyak dari mereka yang kurang peka, padahal ada banyak faktor yang memiliki pengaruh besar.

"Tahun depan kita akan bangun platform khusus untuk mengembangkan kewirausahaan. Isi programnya itu mulai dari pengetahuan sampai jalur pemodalan," katanya.

Bayu menyebut anak muda harus memiliki informasi yang tepat guna mengembangkan karirnya. Top Karir Indonesia diharapkan dapat menjadi platform yang tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan saja, namun juga siap mendidik pencari kerja agar menjadi lebih matang dalam mendalami minatnya.

Saat ini mereka telah memiliki satu juta pencari kerja usia muda, dengan 8 ribu perusahaan yang mayoritasnya mulai dari kecil sampai menengah. Situs www.topkarir.com telah resmi beroperasi sejak Mei 2016 silam.