Go-Jek Bikin Kelas Bisnis Bareng NU

Peresmian kerjasama Go-Jek, Go-Pay, dan Muslimat NU
Sumber :
  • Dok. Go-Jek

VIVA – Layanan transportasi berbasis aplikasi, Go-Jek, mengumumkan kerja sama strategis dengan Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) di Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 14 November 2018.

Program ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM, termasuk anggota Muslimat NU bisa menjadi #WirausahaNaikKelas.

Bentuk kerja sama fokus pada dua hal utama, yaitu pertama, pelatihan para Anggota Muslimat NU melalui program Go-Jek Wirausaha. Melalui program ini, Go-Jek berperan dalam pelatihan berbisnis pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka.

Kerja sama yang kedua adalah digitalisasi ekosistem NU melalui platform pembayaran non-tunai melalui Go-Pay. Hal ini dipandang penting karena pembayaran non-tunai merupakan langkah pertama bagi UMKM untuk mendapatkan akses layanan keuangan.

“Kami melihat, para ibu yang tergabung dalam Muslimat NU merupakan kekuatan baru ekonomi Indonesia. Muslimat NU berpotensi besar untuk menciptakan ekonomi umat berbasis digital di Indonesia," ujar Chief Corporate Affairs Go-Jek, Nila Marita melalui keterangan tertulis.

"Sementara di lain pihak, kami melihat tantangan yang dihadapi banyak orang, termasuk para ibu anggota Muslimat NU yang ingin memulai usaha, adalah bagaimana memetakan peluang bisnis dan membekali diri dengan kemampuan dasar memulai usaha,” ujarnya menambahkan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa, menyambut baik kerja sama strategis yang terjalin dengan Go-Jek dan Go-Pay. “Sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan terbesar di Indonesia, Muslimat NU ingin menjawab salah satu tantangan saat ini yaitu mengenai penguatan ekonomi digital," katanya.

Menurut Kholifah, anggota Muslimat NU, santri, serta pihak yang ada di lingkungan NU harus beradaptasi dengan hal-hal yang mendorong ekonomi digital termasuk transaksi non-tunai dan pemanfaatan teknologi.

"Dengan keterlibatan Go-Jek, kami berharap digitalisasi ini bisa diaplikasikan pada setiap kegiatan seluruh anggota Muslimat NU, santri dan pihak di lingkungan NU,” ujar Khofifah. (mus)