Tips Menkominfo Supaya Startup Bisa Jadi Unicorn

Ilustrasi unicorn.
Sumber :
  • www.techcrunch.com

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menargetkan tambahan satu startup masuk dalam kategori unicorn pada 2019. Dalam upaya mendorong startup lokal naik kelas menjadi unicorn, dia membocorkan kepada para pendiri startup untuk menyoroti dua sektor potensi bisnis.

Rudiantara menjelaskan, syarat utama startup untuk cepat tumbuh harus cermat memenuhi kebutuhan konsumen. “Unicorn terakhir ada empat, tapi target tahun ini jadi lima. Saya enggak bisa menentukan karena transaksi bisnis,” ujarnya di Bandung Jawa Barat, Jumat 22 Februari 2019.

Dua di antaranya yang dimaksud yaitu bidang pendidikan dan kesehatan. Menurut Rudiantara, dua bidang ini merupakan lahan menggiurkan untuk startup.

Clue-nya pendidikan bisa karena kita belanja 20 persen dari APBN, tahun ini kita belanja hampir Rp500 triliun. Kalau kecipratan 2 persen saja kan sudah Rp10 triliun. Kemudian kesehatan, karena 5 persen APBN kita buat kesehatan. Jadi  kalau 5 persen ya Rp100 triliun masa sih enggak kecipratan,” katanya.

Rudiantara meminta startup untuk cermat melihat kebiasaan konsumen yang lebih aktif bermedia sosial.

“Sekarang orang-orang kita nih kadang-kadang menunda beli, mungkin tadi Tiket .com itu bagian dari lazer mungkin saya seneng saja optimis,” katanya.