Pesaing Grab dan Gojek Siap Terapkan Tarif Baru, Enggak Flat Lagi

Taksi online ComfortDelgro.
Sumber :
  • The Straits Times

VIVA – Aplikasi transportasi online ComfortDelgro sedang menguji fitur baru mereka bernama ComfortRide di Singapura.

Fitur ini akan membuat tarif yang sesuai permintaan pasar. Artinya, pesaing Grab dan Gojek ini menerapkan kebijakan tarif yang tidak terukur atau flat.

Menurut CEO ComfortDelgro, Ang Wei Neng, tarif akan melonjak ketika jam sibuk atau musim hujan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi peningkatan permintaan taksi online serta mendapatkan lebih banyak driver atau mitra pengemudi di jalan raya.

Ia mengatakan sistem penetapan harga baru ini akan melihat naik dan turunnya tarif selama jam-jam sibuk.

Meski begitu, bekas mitra Uber ini mengaku akan memantau lonjakan permintaan taksi online untuk memastikan bahwa kenaikan tarif masih wajar dan tidak melebihi batas.

"Untuk mengatasi krisis pasokan, kami juga membuka kemungkinan membuat kendaraan sewaan pribadi tersedia untuk dipesan di ComfortRide," kata Neng, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis, 9 Mei 2019.

Namun demikian, saat ini aplikasi ComfortDelgro masih menawarkan tarif flat. Tapi, dengan masuknya ComfortRide, maka otomtis akan hilang. Fitur baru ini akan diujicoba pada Rabu, 15 Mei mendatang.

"Kami akan melihat respons dari penumpang. Karena uji coba ini masih terbatas. Tidak menutup kemungkinan penerapan fitur baru ini akan diperluas ke seluruh Singapura," ungkap Neng.