E-commerce Sangat Gila, Bos Bukalapak: Tahun Ini Kami Jadi Decacorn

Booth Bukalapak.
Sumber :
  • Twitter/@bukalapak

VIVA – Pendiri dan Kepala Eksekutif Bukalapak, Achmad Zaky menuturkan keinginannya untuk membawa perusahaan yang dia bangun memiliki status decacorn. 

"Mudah-mudahan Bukalapak di tahun jadi decacorn. Tahun kemarin tumbuh tiga kali lipat. E-commerce tumbuh dengan sangat gila," kata Zaky di Jakarta, Kamis 27 Juni 2019. 

Dia masih enggan merinci target untuk mencapai decacorn, termasuk juga nilai valuasi Bukalapak saat ini. 

Namun, Zaky mengingatkan, jangan hanya ditekankan pada status decacorn. Tapi keinginan Bukalapak untuk memberikan dampak pada masyarakat. 

"Jangan ditekankan ke situ (decacorn). Kita ingin menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak," tutur Zaky. 

Selain berharap jadi decacorn, dia juga mengatakan harapannya Bukalapak bisa terus melakukan perbaikan. Dia ingin menjadi perusahaan yang bisa dipercaya. 

Salah satunya Bukalapak merombak besar-besaran dalam sistem keamanan. "Dalam security melakukan perombakan perubahan internal SOP supaya lebih sempurna lagi," ujarnya. 

Berkomentar soal ekosistem digital di Indonesia, Zaky menuturkan sudah ke arah yang tepat. Tapi harus diingat, kata dia, ekosistem tersebut bisa membuat nyaman dan menjadi kutukan. 

"Tapi sekali lagi, good news is a bad news, berita yang bagus itu kutukan jangan nyaman. Kita harus punya dreaming lagi mungkin 5 decacorn, 15 unicorn, nah itu akan Indonesia menjadi lebih baik lagi, jangan berhenti di sini," kata Zaky.