Untuk Modal Usaha, Akulaku Sediakan Pinjaman hingga Rp50 Juta

Anggie Setia Ariningsih
Sumber :

VIVA – Perusahaan finansial teknologi Akulaku akan merilis dua fitur baru, yaitu SME (Small Medium Enterprise) Loan dan Car Loan. Director of Corporate Affairs and Public Relation Akulaku Indonesia, Anggie Setia Ariningsih yakin bahwa kedua fitur bakal meluncur pada akhir tahun 2019.

"Fitur SME Loan ditujukan untuk para merchant sebagai modal kerja atau modal usaha, tapi khusus untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sedangkan Car Loan punya sistem yang sama, tapi jaminannya BPKB mobil," katanya di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin, 1 Juli 2019.

Jumlah pinjaman untuk program SME Loan bisa mencapai nilai Rp50 juta, bahkan untuk pinjaman yang menggunakan jaminan bisa lebih dari itu. Untuk Car Loan, nasabah dapat menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif, dimana sebelumnya Akulaku tidak pernah memberi pinjaman untuk kebutuhan produktif. 

"Selama ini Akulaku dikenal hanya melayani pinjaman oleh konsumen, tapi sebenarnya tidak juga. Kita punya 120 ribu merchant, dimana mereka bisa kami beri pinjaman. Adanya SME Loan akan membuat kita mengidentifikasi konsumen mana yang konsumtif, dan yang mana yang produktif," katanya. 

Target peminjaman untuk kebutuhan produktif diperkirakan mencapai 20 persen. Dalam menggarap bisnis ini, Akulaku melakukan pemantauan melalui jalur online, seperti usaha merchant di website, Facebook, Instagram atau Twitter.

Peminjamnya sendiri tidak harus khusus UMKM yang sudah bergabung ke Akulaku, perusahaan akan melakukan kemitraan dengan platform lain. Misalnya saja pedagang itu sudah pernah bergabung dengan e-commerce lain, maka data-datanya akan divalidasi oleh Akulaku.

Alasan perusahaan memilih bisnis baru ini disebut Anggie, karena pada akhirnya Akulaku bisa menjangkau lebih banyak masyarakat lagi. Adanya jaminan juga membuat perusahaan tidak perlu khawatir uang tidak akan kembali. 

Adapun proses pengajuan pinjaman, bisa dilakukan di aplikasi Akulaku, yakni pada menu baru yang akan tersedia di platform tersebut. (ann)