Kopi Lokal 'Rasa' Facebook

Kopi Kenangan.
Sumber :
  • Alpha JWC Ventures

VIVA – Jaringan gerai kopi asal Indonesia Kopi Kenangan mengumumkan pendanaan Seri B senilai US$109 juta (Rp1,6 triliun). Pendanaan tersebut dipimpin oleh Sequoia Capital yang merupakan investor tetap gerai kopi lokal yang berdiri pada 2017 itu.

Selain Sequoia Capital, mengutip situs Kr-Asia, Kamis, 14 Mei 2020, ada investor baru yang turut dalam pendanaan ini, di antaranya B Capital, Horizons Ventures, Verlinvest, Kunlun, Sofina, serta Alpha JWC. Dari beberapa investor terdapat nama B Capital ikut serta.

Untuk diketahui, B Capital adalah perusahaan modal ventura yang berlokasi di Singapura dan didirikan salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin. Bahkan, ia akan masuk ke dalam jajaran dewan direksi Kopi Kenangan untuk membantu mempercepat pertumbuhan gerai tersebut.

"Saya menantikan kerja sama dengan Kopi Kenangan untuk membangun brand global yang merayakan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara," kata dia. Sementara itu, Kepala Eksekutif Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, menyampaikan bahwa pendanaan ini rencananya akan dipakai untuk memperkuat operasi ritel minuman ini di Indonesia.

Selain itu, ia mengaku juga akan meluncurkan produk baru, berinvestasi dalam teknologi agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik, serta berbagai upaya untuk melindungi karyawan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

"Kesejahteraan karyawan adalah prioritas dan kami berinvestasi dalam keselamatan mereka dengan meningkatkan manfaat kesehatan serta memberikan lebih banyak pelatihan untuk membantu mereka mengatasi perubahan besar ini," ungkap Edward.

Saat ini, Kopi Kenangan mengoperasikan 324 toko di berbagai wilayah Indonesia dan menjangkau lebih dari satu juta pelanggan melalui aplikasi selulernya yang baru-baru ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh dan berperingkat tertinggi dalam kategori makanan dan minuman (F&B) di Tanah Air.

Kopi Kenangan mengestimasikan untuk membuka sampai 500 toko pada akhir tahun ini. Informasi saja, pendanaan baru ini mengikuti pendanaan Seri A Kopi Kenangan senilai US$20 juta pada Juni 2019 yang dipimpin oleh Sequoia Capital, dan pendanaan awal pada 2018 yang dipimpin oleh investor lokal Alpha JWC.

Pada akhir tahun lalu, Kopi Kenangan juga mengumumkan perluasan pendanaan Seri A dengan investasi tambahan dari antara lain Arrive, perusahaan Roc Nation, Serena Ventures, bintang NBA Caris LeVert, dan CEO sekaligus Co-Founder Sweetgreen Jonathan Neman.