Pandemi COVID-19, Belanja Kebutuhan Pokok Dilakukan Lewat WhatsApp

WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Data GlobalWebIndex menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada 2019. Di mana 90 persen dari pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Tanah Air pernah melakukan pembelian produk dan jasa secara online.

Tidak hanya dari sisi perubahan gaya hidup konsumen, e-commerce juga membuka lebih banyak peluang bisnis baru, serta menghasilkan dampak beruntun bagi sektor logistik, infrastruktur IT, dan operator e-commerce.

Pandemi Virus Corona COVID-19 seperti sekarang mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebarannya. Pemerintah juga sudah menerapkan berbagai kebijakan.

Mulai dari wajib menggunakan masker ketika berada di ruang publik, jaga jarak atau social distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak ayal situasi tersebut membatasi ruang gerak. Salah satunya belanja kebutuhan pokok.

Namun kini sudah banyak toko online yang bisa dimanfaatkan untuk berbelanja. TravelioMart contohnya, yang memberikan layanan belanja kebutuhan pokok secara daring bagi masyarakat.

Kepala Operasional Travelio, Christine Tjong mengatakan, toko onlinenya melayani penjualan bahan pangan segar, seperti sayur, buah, berbagai variasi daging, serta produk kebutuhan dasar rumah tangga lainnya. Pemesanan dapat dilakukan secara online melalui website ataupun WhatsApp.

"Dengan kombinasi belanja contactless secara online dan harga yang sangat terjangkau, serta harga yang kami tawarkan sangatlah bersaing dengan harga di pasar tradisional," kata dia, melalui konferensi virtual, Kamis, 14 Mei 2020.

Selain itu, Christine melanjutkan, TravelioMart juga memberikan layanan berjamin (service guarantee) dengan menyediakan pengembalian uang penuh (full refund) jika barang yang konsumen terima tidak segar atau tidak sesuai deskripsi.

Untuk saat ini layanan TravelioMart mencakup daerah DKI Jakarta dan Tangerang. Untuk opsi pengantaran, konsumen dapat memilih menggunakan ojek online atau kurir travelio. Pengantaran melalui kurir Travelio dibekali dengan cool box untuk memastikan kesegaran produk tetap terjaga.

"kami berharap dapat membantu masyarakat Indonesia memerangi pandemi COVID-19 yang tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga pada ekonomi sebagian masyarakat Indonesia," ungkap Christine.