Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Gelombang PHK Startup Unicorn dan Decacorn, Ini Nasihat Eks Menkominfo

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:46 WIB
Foto :
  • vstory
Ilustrasi PHK.

VIVA – Pandemi COVID-19 yang menghantam seluruh dunia pada awal tahun ini mengakibatkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) kian meningkat. Di Indonesia, tidak sedikit perusahaan rintisan atau startup yang terpaksa merumahkan karyawan tanpa gaji hingga melakukan PHK massal.

Tak tanggung-tanggung, PHK sampai menggempur startup berstatus unicorn (valuasi di atas US$1 miliar) dan decacorn (valuasi di atas US$10 miliar). Satu startup unicorn dan tiga decacorn sudah merasakan akibat dari gelombang PHK. Keempatnya yaitu Traveloka, Uber, Grab, dan Gojek.

Baca Juga

Baca: PHK Tak Mengenal Status Decacorn

Di mata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Periode 2014-2019, Rudiantara, startup yang terdampak gelombang PHK ini merupakan langkah terakhir yang terpaksa mereka lakukan.

"Saya yakin jika terjadi PHK maka itu kebijakan paling akhir yang dilakukan teman-teman startup setelah melakukan efisiensi bidang-bidang lainnya. Situasi luar biasa saat ini hanya bisa dihadapi dengan semangat gotong royong dari semua stakeholders," kata dia kepada VIVA Tekno, Jumat, 26 Juni 2020.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler