Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 2 Juli 2020 | 20:15 WIB

Ada Simbiosis Mutualisme antara UMKM, E-Commerce, dan Media Sosial

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi UMKM.

VIVA – Di masa pandemi Virus Corona COVID-19, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dan Asia Tenggara sudah dapat beradaptasi dengan keadaan, atau yang disebut new normal. Mereka memanfaatkan media digital dan mengubah strategi pemasaran serta produksi untuk mendongkrak penjualan.

Komisaris Utama SEA Group, Pandu P Sjahrir menjelaskan, pemanfaatan digital menjadi salah satu cara UMKM mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dari hasil riset yang dilakukan Sea Insights, sebanyak 70 persen pelaku UMKM mengaku akan terus memanfaatkan e-commerce dan media sosial untuk berjualan dan berbelanja.

Baca Juga

"Studi Data Digitalisasi Selamatkan UMKM Indonesia memberi pengertian yang mendalam terhadap laju perkembangan ekonomi digital dan pemanfaatan digital di Asia Tenggara, khususnya Indonesia," kata dia, melalui konferensi pers virtual, Kamis, 2 Juli 2020.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jokowi: Tambahan Bantuan UMKM Harus Segera Dilakukan
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler