Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Membesarkan Startup seperti Menyuapi Balita

Sabtu, 18 Juli 2020 | 07:00 WIB
Foto :
  • TNW
Ilustrasi startup.

VIVA – Jumlah pengusaha perempuan hingga saat ini masih tergolong lebih sedikit dibandingkan pengusaha pria. Salah satu penyebabnya terletak pada keterbatasan akses terhadap modal. Menurut riset Crunchbase pada 2019, dari seluruh total pendanaan startup, hanya kurang dari 3 persen berhasil digalang oleh co-founder perempuan.

Salah satunya Co-founder dan COO Travelio, Christie Tjong, yang berhasil menggalang US$18 juta (Rp260 miliar) pada pendanaan Seri B November 2019. Pendanaan dipimpin oleh Temasek Holdings asal Singapura melalui Pavilion Capital – dan dilakukan tepat sebelum terjadinya pandemi COVID-19.

Baca Juga

"Membesarkan startup itu mirip seperti menyuapi balita. Harus diawasi setiap menitnya," kata dia bercerita, Jumat, 17 Juli 2020. Usahanya 'menyuapi' startup penyewaan apartemen itu pun membuahkan hasil. Travelio berhasil memegang lebih dari lima ribu kontrak manajemen eksklusif dengan aset kelolaan di atas US$350 juta (Rp5 triliun).

Speed outweigh perfection

Menurutnya, salah satu karakteristik startup, terutama yang masih tahap awal, adalah kurangnya corporate infrastructure. Hal tersebut memaksa para pendiri untuk menjalankan beberapa peran secara sekaligus, bahkan merangkap setara dengan lima orang.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler