Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Belanja Online Didominasi Generasi Milenial dan Z

Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:32 WIB
Foto :
  • potentia.co.nz
Ilustrasi milenial.

VIVA – Tren belanja online saat ini sangat besar peminatnya. Atas nama kepraktisan, masyarakat cukup membuka aplikasi pilih yang diinginkan dan bayar. Mereka tidak perlu repot-repot ke pusat perbelanjaan atau mal untuk membeli apa yang diinginkan.

Bicara belanja online, baru-baru ini sebuah riset yang dilakukan oleh startup fintech Kredivo, yang dikutip Selasa, 11 Agustus 2020, bahwa jumlah dan nilai transaksi e-commerce Indonesia saat ini Jumlah dan nilai transaksi e-commerce Indonesia saat ini terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Baca Juga

Wilayah tersebut DKI Jakarta sebesar 32 persen, Tangerang (Kabupaten dan Kota) 13 persen, Bekasi 10 persen, Bogor dan Bandung 8 persen, serta Depok dan Surabaya 4 persen.

Salah satu penyebabnya tingginya belanja online di Pulau Jawa dapat terlihat dari pendapatan konsumennya yang umumnya lebih tinggi.

Selain itu, kondisi infrastruktur dan layanan logistik yang semakin baik membuat transaksi e-commerce di Pulau Jawa lebih dinamis. Kondisi ini menunjukkan masih besarnya potensi e-commerce yang dapat dikembangkan di luar Pulau Jawa.

Apalagi, penetrasi internet untuk mendukung ekosistem e-commerce juga terus mengalami kemajuan dalam satu dekade terakhir. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 69 persen penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet pada 2018.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler