PP IKA ITS Gelar Kompetisi Start Up Berskala Nasional

Kampus ITS Surabaya
Sumber :
  • PP IKA ITS

VIVA – Pengurus Pusat Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya bekerja sama dengan ITS, menggelar Innovation Challenge dan Bussines Summit 2020 dengan tajuk Technology for Prosperity.

Acara ini adalah sebuah kompetisi inovasi nasional bagi semua pelaku start up pemula di Indonesia. Tujuannya yakni untuk mendorong pertumbuhan start up, agar mampu bersaing dan mendapatkan calon investor yang dapat membantu dari segi pendanaan.

Potensi dan talenta anak bangsa di sektor teknologi dan kreatif sangat besar. Demikian juga motivasi masyarakat untuk membangun usaha mandiri melalui rintisan dan mengembangkan usaha tersebut,” ujar Ketua Umum PP IKA ITS, Ir Sutopo Kristanto MM melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 20 November 2020.

Acara yang diadakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ITS ke-60 Lustrum XII ini diikuti 364 start up. Selain uang dengan total ratusan juta rupiah, pemenang juga akan mendapat pembinaan dari perusahaan BUMN yang turut mendukung kegiatan ini.

Dari hasil penjurian semifinal, terpilih dua puluh tim untuk maju ke tahap final. 10 tim dari kategori Prototype, dan sisanya berasal dari tim yang masuk dalam kategori Ideation.

Acara puncak akan digelar pada 21 November 2020 di Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan rencananya dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, serta Menteri BUMN, Erick Thohir. Untuk memandu acara, ada Brigita Manohara dari tvOne.

Selain itu juga akan diselenggarakan demo day bagi start up kategori unggulan ITS dan alumni ITS, yaitu Javadrone, LAKONE, PLCD, ZENIORA, serta LOSMUNOS.

Pada acara ini juga akan dilakukan serah terima Robotic Medical ITS – Unair (RAISA) ke Rumah Sakit Umum Pelni Jakarta.