Belanja Lewat Virtual Showroom, Ada Fitur 360 Derajat

Urban Quarter.
Sumber :
  • Dok. Urban Quarter

VIVA – Terbatasnya ruang gerak di era kenormalan baru atau new normal membuat masyarakat Indonesia berusaha mengusir kebosanan dengan membuat hunian atau tempat bekerja menjadi lebih nyaman.

Hal ini terlihat dari data penjualan furniture di Indonesia yang meningkat, termasuk peningkatan penjualan online sebesar dua kali lipat di Urban Quarter, marketplace furnitur dan peralatan rumah dengan ragam merek lokal kualitas internasional.

Baca: Pandemi Bikin Masyarakat Lebih Rasional Saat Belanja Online

"Kami memberlakukan langkah ekstra dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebelum toko buka dan tutup, kami selalu membersihkan barang-barang furniture dan houseware. Penggunaan liquid pembersih juga kami cocokkan dengan material barang. Karena, ada barang yang waterproof dan tidak. Jadi, bukan hanya kebersihan saja, namun kualitas barang diutamakan," kata Pendiri Urban Quarter, Adelaide Chintara, Minggu, 22 November 2020.

Guna memberikan opsi pengalaman berbelanja yang nyaman dan fleksibel, Urban Quarter meresmikan pembukaan outlet terbaru di lantai 4 Plaza Indonesia dan meluncurkan virtual showroom lewat website.

Menurutnya, kehadiran virtual showroom diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan dalam berbelanja furnitur secara online.

Fitur-fitur yang tersedia di virtual showroom meliputi ukuran bentuk dari setiap barang dan ruangan yang tersedia di showroom Urban Quarter, memperbesar atau memperkecil seluruh area showroom untuk melihat item yang disukai.

Kemudian, ada fitur 360 derajat yang memungkinkan para pelanggan untuk bisa berjalan-jalan di outlet Urban Quarter secara virtual melalui gawai atau gadget masing-masing dengan pengalaman yang sama seperti datang langsung ke gerai mereka.

"Tidak hanya itu, konsumen juga bisa melakukan pembayaran melalui website kami dengan hanya mengklik produk yang mereka sukai," papar Adelaide.

Perubahan tren pembelian furniture dan houseware turut terjadi di Urban Quarter, di mana para pelanggan lebih gemar berbelanja produk untuk penyimpanan barang, peralatan makan, dan furnitur outdoor.

Ke depannya, Adelaide berencana akan bermitra dengan beberapa merek lokal lain serta memperluas outlet di luar Jakarta.

Selain itu, melihat banyaknya peminat dari luar negeri, maka ia juga akan membuka pengiriman internasional agar terus menjadi destinasi terbaik yang memberikan solusi praktis bagi mereka yang ingin membeli kebutuhan furnitur.

"Kami terus beradaptasi dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan para pelanggan, terutama di situasi yang serba tak pasti ini. Kami juga memahami bahwa banyak pelanggan yang masih terbatas ruang geraknya, sehingga kami menghadirkan virtual showroom sebagai opsi berbelanja,“ jelas Adelaide.