Ada Investor Indonesia dalam Proses IPO Grab di Amerika

Grab.
Sumber :
  • Mime Asia

VIVA – Rival Gojek, Grab, secara resmi mengumumkan rencananya untuk melantai di Bursa Amerika Serikat, Nasdaq, bekerja sama dengan Altimeter Growth Corp, sebuah perusahaan akuisisi bertujuan khusus/cek kosong (SPAC) yang berbasis di AS.

Jika tidak ada aral melintang, Grab dan Altimeter Growth akan listing dengan kode emiten GRAB dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan. Keputusan pesaing Gojek untuk menjadi perusahaan publik didorong oleh kinerja keuangan yang solid sepanjang 2020.

Grab mencatatkan total nilai penjualan barang atau Gross Merchendise Value (GMV) sekitar US$12,5 miliar pada tahun lalu. Angka ini melebihi level sebelum pandemi COVID-19, dan meningkat lebih dari dua kali lipat dari 2018.

Berdasarkan rencana transaksi yang diajukan, Altimeter Growth dan Grab bersama-sama akan dimiliki penuh oleh perusahaan induk baru ini.

Gabungan perusahaan tersebut diprediksi akan memiliki valuasi ekuitas berdasarkan pro-forma sekitar US$39,6 miliar atau Rp579 triliun, dengan nilai private investment in public equity (PIPE) sebesar US$4 miliar (Rp58,6 triliun), seperti dikutip dari situs Kr-Asia, Rabu, 14 April 2021.

Kerja sama ini juga diprediksi bakal mendatangkan pendapatan sekitar US$4,5 miliar (Rp65,9 triliun) untuk Grab. PIPE dipimpin oleh Altimeter Growth yang berkomitmen US$750 juta (Rp11 triliun).

Peserta lainnya termasuk dari BlackRock, Counterpoint Global (Morgan Stanley Investment Management), dan T.Rowe Price Associates, Inc., termasuk juga Fidelity International, Fidelity Management and Research LLC, Janus Henderson Investors, Mubadala, Nuveen, Permodalan Nasional Berhad, dan Temasek.

Selain itu, terdapat juga beberapa investor terkemuka dari Indonesia seperti Grup Djarum, Keluarga Sariaatmadja (Grup EMTEK), dan Grup Sinar Mas juga berpartisipasi dalam penawaran PIPE ini. Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang terhadap Grab, Altimeter Growth akan memegang saham yang dimiliki oleh sponsornya selama 3 tahun.