Wujudkan UMK Go Digital, LKPP Gandeng Ecommerce Ini

Ilustrasi e-commerce.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Platform ecommerce yang dikembangkan oleh PT Brilliant Ecommerce Berjaya, yakni Mbizmarket ditetapkan menjadi mitra Bela Pengadaan, program yang dikelola Lembaga Kebijakan Pengadaan dan Jasa Pemerintah.

Kerja sama ini dibuat untuk mendukung Program UMK Go Digital, melalui proses belanja langsung di lingkungan  Kementerian/ Lembaga/Pemerintah Daerah, dengan nilai belanja maksimum hingga Rp50 juta per transaksi.

Dasarnya adalah Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Keputusan Kepala LKPP Nomor 155 tahun 2020 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Penetapan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau E-marketplace Sebagai Mitra Program Bela Pangadaan di LKPP.

Sebelum bergabung dan ditetapkan sebagai mitra Bela Pengadaan, platform Mbizmarket telah dipercaya dan dimanfaatkan  sebagai ecommerce untuk pengadaan barang dan jasa di lingkungan beberapa pemerintah provinsi.

Contohnya yakni Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak Januari 2020, Pemerintah Provinsi Bali pada Juli 2020,   Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada November 2020, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Februari 2021, dan Jawa Tengah.

Ecommerce ini juga mendorong UMK Go Digital bergabung dengan Mbizmarket sebagai e-marketplace, menjadikan pengadaan barang /jasa lebih inklusif, meningkatkan produksi dalam negeri serta untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Pengadaan Barang/ Jasa pemerintah.

“Kerja sama antara Mbizmarket dan LKPP merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung program UMK Go Digital, sekaligus turut mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar Chief Executive Officer Mbizmarket, Rizal Paramarta melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 20 April 2021.