Pengguna Jaringan Infradigital Semakin Banyak

Ilustrasi era digital.
Sumber :
  • Imarticus

VIVA – Jaringan IDN menjadi salah satu platform sekolah digital, yang saat ini digunakan oleh lebih dari 1.000 lembaga pendidikan di 18 provinsi. Mereka memulai digitalisasi melalui jaringan tersebut sejak 2018.

Platform yang dikembangkan oleh Infradigital ini merupakan startup di bidang Education & Financial Technology, terdaftar di Bank Indonesia serta mengantongi Sertifikasi ISO 27001:2013 mengenai sistem keamanan informasi.

Salah satu proyek yang mereka kembangkan yakni Portal Digital pada madrasah di Jawa Timur. PorDi merupakan produk Jaringan IDN, yang dapat membantu digitalisasi lembaga pendidikan mulai dari perapihan data, pembuatan website lembaga pendidikan, fitur donasi, dan fitur pengumuman.

Untuk mensukseskan proyek tersebut, diadakan program Anugerah Inovasi Madrasah Digital yang berlangsung secara daring.

Acara yang merupakan kerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur ini, dan telah dihadiri kurang lebih 500 madrasah se-Jawa Timur.

Tujuannya adalah untuk mengedukasi pentingnya literasi digital pada madrasah, agar dapat tercapainya pemerataan digitalisasi.

“PorDi dapat menjadi langkah besar dalam membangun infrastruktur dan pusat kelola data untuk lembaga pendidikan yang melibatkan semua perangkat pendidikan, beserta peran serta aktif dari orangtua/wali peserta didik dan peserta didik,” ujar Vice President Sales Infradigital, Muhammad Irvan, dikutip Kamis 3 Juni 2021.

Selain untuk pemerataan dan percepatan digitalisasi madrasah, progam ini juga diharapkan meningkatkan daya saing madrasah dalam menerapkan sistem digital di provinsi Jawa Timur.