Ada Inovasi Baru Bercita Rasa Korea Selatan

Gochujang
Sumber :
  • NBCNews

VIVA – Kolaborasi sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan saat ini. Tujuannya adalah untuk memberi nuansa baru, sehingga tidak bosan dengan hal yang itu-itu saja.

Hal ini bisa dilakukan dalam berbagai bidang, mulai dari produk fesyen hingga makanan. Untuk menciptakannya, tak jarang melibatkan inovasi dan pengembangan khusus.

Salah satu contohnya adalah fermentasi dari kacang kedelai. Proses produksi energi dalam sel dalam keadaan tanpa oksigen dilakukan, untuk menghasilkan rasa khusus yang berbeda.

Hal itu diterapkan pada pembuatan Buldak Sauce, yang merupakan pasta cabai yang berasal dari fermentasi kacang kedelai, cabai, bubuk beras ketan, dan garam.

Rasa pedasnya diklaim tak sama seperti cabai rawit, ada rasa kecut serta gurih dari fermentasi kedelai ini. Dalam bahasa Korea, Buldak berarti fire chicken, rasa pedas khas bumbu mie Samyang yang kini bisa hadir dalam tumisan, sup hingga camilan.

PT Jakarta Boga Utama Sari sebagai sole distributor dari produk Samyang Green, mengadakan peluncuran Samyang Buldak Extreme Sauce di Jakarta. Saus cabai itu mampu memberikan rasa hingga dua kali lipat dibandingkan Buldak Original, aroma pedasnya bahkan sudah terasa pada saat dicampur pada makanan.

Direktur Utama JBUS, Arie Kurniawan mengatakan bahwa bumbu botolan ini bisa jadi bahan marinasi, memasak daging serta sayuran hingga sebagai saos di meja makan.

“Produk terbaru ini akan cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan Indonesia, seperti bakso, soto, sampai sate ataupun menjadi cocolan bagi kudapan seperti siomay dan lumpia,” ujarnya di Jakarta, dikutip Jumat 11 Juni 2021.