Tips Hadapi Ketatnya Persaingan Jadi PNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah telah membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) sejak 30 Juni hingga 26 Juli 2021 melalui situs BKN atau Badan Kepegawaian Negara.

Tahun ini tersedia dua kategori CASN yang dibuka, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) yang akan diseleksi pada Agustus hingga Oktober 2021. Jumlah formasi yang dibuka cukup banyak yaitu sekitar 1,3 juta formasi untuk PNS dan PPPK.

Ketatnya persaingan untuk meraih kursi CPNS makin terasa karena peminat untuk pendaftarannya selalu tinggi. Dilansir dari media sosial resmi BKN, hingga 22 Juli 2021 pukul 15.34, jumlah pendaftar yang mengisi formulir sudah mencapai angka 3.694.044.

Adapun pelamar yang sudah mendaftar submit sebanyak 2.687.874. Melihat antusiasme tersebut, tentunya para pelamar pejuang CPNS perlu mempersiapkan diri lebih baik dan matang sehingga dapat bersaing dan lolos dalam seluruh tahapan seleksi CPNS.

Guna mendukung kesiapan diri juga mental mereka yang ingin meniti karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), KitaLulus, perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi yang bergerak di bidang pendidikan untuk persiapan seleksi CPNS dan PPPK pada 31 Juli hingga 1 Agustus mendatang, akan menggelar CPNS & CPPPK Online Expo 2021.

Menurut Ketua Bidang Persiapan Seleksi CPNS dan PPPK KitaLulus, Salamah, event online tersebut bertujuan untuk membantu pejuang ASN menemukan cara mempersiapkan diri yang efektif selain memberikan informasi terlengkap seputar CPNS dan CPPPK dengan narasumber dari para pembuat kebijakan Kementerian/Lembaga masing-masing.

"CPNS & CPPPK Online Expo 2021 terbuka dan gratis bagi semua pejuang ASN. Sudah waktunya pihak swasta dan pemerintah bekerja sama mencetak CASN yang berkompeten, berintegritas, dan profesionalisme yang tinggi dengan persiapan matang sejak dini sehingga membantu mereka lolos dalam serangkaian tahapan seleksi," kata dia, Senin, 26 Juli 2021.

Selain itu, KitaLulus juga menyediakan kelas dengan tenaga pengajar yang terdiri dari penulis buku best seller CPNS, pemanfaatan teknologi yang efektif serta harga yang terjangkau dengan bank soal lebih dari tiga ribu soal, sehingga diharapkan para peserta didik menjadi lebih siap menghadapi seleksi CPNS dan CPPPK.

Selain itu, peserta didik juga dapat melakukan tanya jawab interaktif bersama alumni KitaLulus, mendengarkan langsung pengalaman menghadapi seleksi CPNS, mempersiapkan dokumen, materi soal yang akan diuji, hingga tips dan kiat dari alumni KitaLulus. Peserta didik bisa mengakses ribuan soal yang sudah disiapkan langsung dari smartphone.