Bukalapak Buka Akses Lebih Banyak untuk Pemegang Kartu Prakerja

Penerima bantuan prakerja mengikuti pelatihan secara online.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA Tekno – Seiring dengan penambahan anggaran pemerintah untuk Program Kartu Prakerja pada akhir semester dua tahun ini, startup Bukalapak sebagai salah satu mitra digital platform akan menyediakan akses peserta program ke lebih banyak kelas pelatihan dari berbagai Lembaga Pelatihan.

Sejumlah kelas pelatihan yang semula ditutup, juga akan dibuka kembali untuk memenuhi kebutuhan upskilling para pemegang Kartu Prakerja.

"Dengan semakin bertambahnya pilihan, kami berharap dapat terus memenuhi kebutuhan akan peningkatan skill di dunia kerja maupun untuk memulai usaha," ujar Chief Executive Officer BukaFinancial and Commerce Bukalapak, Victor Lesmana melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 16 November 2022.

Perusahaan rintisan itu mengaku, memberikan akses ke lebih dari 500 kelas pelatihan bagi seluruh pemegang Kartu Prakerja, sehingga mereka bisa memilih kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Di beberapa kesempatan, Bukalapak juga telah menggelar pelatihan berbasis corporate social responsibility (CSR) bagi masyarakat umum serta alumni Kartu Prakerja. Selain itu, mereka juga memberikan kelebihan ekstra berupa Kompetisi Prakerja yang diikuti sobat Prakerja dengan hadiah pulsa dan modal usaha.

"Semakin banyak dan beragam pelatihan yang ada di Bukalapak, akan sangat membantu mendorong pengembangan minat dan bakat pemuda-pemudi negeri ini," tutur Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem PMO Kartu Prakerja, Kurniasih Suditomo.

Ilustrasi pendaftar Kartu Prakerja.

Photo :
  • tvOne.

Dari banyaknya kelas pelatihan yang tersedia melalui perusahaan tersebut, pemegang Kartu Prakerja dapat memilih topik yang diminati, dari mulai kelas memasak, fashion hingga penggunaan software dan digital marketing.

Beberapa pelatihan yang populer dan dapat menjadi pertimbangan adalah kelas negosiasi dan presentasi penjualan untuk tenaga penjual rumahan, keterampilan melayani dan memenuhi kebutuhan  pelanggan, belajar membangun usaha budidaya bibit buah, pembuatan makanan ringan dan menjadi pengusaha hidroponik.