Merchant Online Klaim BBM Money Alat Bayar 'Seksi'

Aplikasi BBM di perangkat Apple iPhone
Sumber :
  • blog.appszoom.com

VIVA.co.id - Berbagai cara pembayaran online sudah muncul di Tanah Air untuk transaksi pembelian. Layanan yang paling populer yaitu layanan perbankan melalui transfer via ATM. Cara lain yaitu melalui Cash on Delivery (CoD).

Kedua cara pembayaran itu dianggap tak efisien dan membawa risiko. Sebab pengguna diharuskan ke ATM atau memasukkan kode tertentu. Sedangkan metode COD juga membawa risiko, yaitu uang tunai. Untuk itu, dalam memberikan solusi yang lebih aman, BlackBerry memberikan alternatif layanan pembayaran produk tertentu melalui BBM Money.

"Pelanggan banyak yang COD, itu mudah tapi membawa risiko biaya. Nah program ini (BBM Money) ubah cara pelanggan. Dengan BBM Money lebih mudah pegang pembayaran, jadi kami kampanye lewat ini," kata Ken Aoyagi, perwakilan dari Klik-eat.com saat ditemui di Kantor Blackberry, Kawasan SCBD Jakarta, Selasa 16 Juni 2015.

Klik-eat.com merupakan salah satu merchant yang mengggunakan BBM Money dalam pembayarannya.

Hal senada juga disampaikan oleh merchant produk fashion premium dari luar negeri, Paraplou. Managing Director Paraplou, Bede Moore, mengatakan perusahaannya berminat menggunakan BBM Money karena alasan kemudahan.

"Kami tertarik karena butuh kemudahan. COD dan transfer bagi pelanggan kami di Sumatera tak begitu mudah, misalnya pelanggan di sana tak punya kartu kredit. Sebelumnya kami pakai COD dan transfer bank," kata dia ditemui di lokasi yang sama.

Keduanya juga melihat potensi pengguna BBM di Indonesia. Basis pengguna yang besar dan konsumen yang beragam, membuat para merchant itu tertarik.

"BBM adalah platfrom yang paling besar di sini, jadi kami pakai itu untuk membangun e-transfer. Dalam akuisisi pelanggan, punya banyak peluang, sebab banyak yang atraktif," kata Bede.

Peluang penggunaan BBM Money sebagai layanan pembayaran juga dilihat oleh merchant makanan sehat dan lezat, Naked Foods.

Manajer Operasional Naked Foods, Frederick Reynaldo, mengatakan BBm masih menempati hati para pengguna perangkat mobile di Indonesia. Selain sisi jumlah pengguna BBM yang besar, banyak orang juga berjualan lewat layanan pesan instan ini.

"Awareness orang di Indonesia masih sangat tinggi. Ini masih fun dan jadi target pasar kami," katanya.

Frederick mengatakan layanan BBM Money secara ringkas memudahkan bagi merchant atau pembeli melalui online.

Soal isu keamanan bertransaksi menggunakan BBM Money, BlackBerry menegaskan layanan ini aman. Sebab selama ini, BBM dikenal sebagai platform paling reliable dalam pengiriman pesan yang aman.

Perusahaan asal Kanada itu juga memastikan sebelum merilis BBM Money yang dikeluarkan dengan menjalin kerjasama salah satu bank di Indonesia, sudah dicek soal keamanannya.

Sebagai bagian dari kampanye BBM Money, mulai 15 Juni hingga sebulan ke depan, tersedia promo menarik atau big deal dari merchant yang menggunakan BBM Money.

Program big deal pada BBM Channel menawarkan berbagai produk premium handset sampai fashion dengan harga ratusan ribu saja. Saat ini program big deal diikuti oleh 12 merchant, di antaranya Paraplou, Naked Foods, Klik-eat.com, dan Bhinneka. (ren)