Lebih dari 1,1 Juta Postingan Ramaikan Debat Capres Keempat

Debat Capres Keempat Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Debat Pilpres 2019 putaran keempat berlangsung Seru pada Sabtu malam 30 Maret 2019. Keseruan itu terlihat dalam pemetaan postingan di Twitter. 

Public Policy Lead Twitter Indonesia, Agung Yudhawirananta mengungkapkan, lebih dari 1,1 juta postingan meramaikan debat Pilpres putaran keempat. 

"Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00-23.00 dengan lebih dari 167 ribu tweet per menitnya," kata Agung dalam laporan di blog Twitter dikutip Senin 1 April 2019. 

Pada debat ke-empat, Jokowi mengeluarkan jurus andalan yang menarik perhatian pengguna Twitter di tahap awal debat yaitu ‘Pemerintahan DILAN’: Digitalisasi dalam Pelayanan atau Digital Melayani. Sementara Prabowo menyatakan tidak masalah menggunakan teknologi lama namun kekayaan dalam negeri tidak hilang ke luar negeri. 

Selama acara debat berlangsung, beberapa tagar silih berganti mewarnai lini masa dan percakapan di Twitter, baik yang terkait dengan respons pengguna atas jawaban kandidat atau sekadar merangkum berbagai postingan ringan yang mengundang tawa. Tidak itu saja, pengguna Indonesia juga berlomba-lomba menggunakan fitur Twitter Poll untuk melakukan jajak pendapat seputar kandidat dan acara debat yang berlangsung.

Dari peta persebaran postingan terkait debat capres Sabtu malam lalu, wilayah Indonesia begitu riuh membicarakan dinamika yang muncul dalam debat. Selain itu perbincangan debar capres juga terlihat di Amerika Serikat, Eropa, Asia, Timur Tengah, Afrika, Australia sampai Selandia Baru.

Dibandingkan dengan dua edisi debat capres sebelumnya, keriuhan debat capres pada Sabtu malam lalu kalah seru. Data Twitter menunjukkan, debat perdana capres pada 17 Januari 2019, menghasilkan lebih dari 1,3 juta postingan. Sedangkan debat kedua capres pada 17 Februari 2019 disambut 1,5 juta tweet.