Indosat Siap Hadirkan Teknologi 5G

Gerai Digital Indosat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Perusahaan telekomunikasi Indosat, siap menghadirkan jaringan teknologi 5G. Sejumlah sistem dan infastruktur yang mendukung penyelenggarannya pun sudah disiapkan.

Hal tersebut dikatakan oleh Div. Head Sumatera Field Engineer Indosat, Selo Purnomo, "Jadi kalau nanti tiba-tiba pemerintah bilang 'eh kita mau tender nih' kita invest-nya enggak banyak lagi. Secara infrastruktur sudah siap," katanya di Padang, Sumatera Barat, Kamis, 25 April 2019. 

Ditegaskan Selo, Indosat memang sedang mempersiapkan segala aspek yang terkait dengan jaringan 5G. Saat ini hanya tinggal aspek lain seperti regulasi.

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga sedang melihat potensi market dengan jaringan baru tersebut. Selo mengibaratkannya seperti operator membangun jalan tol besar. Namun yang lewat di sana hanya nama-nama seperti YouTube dan WhatsApp. 

"Sebenarnya kita berharap konten lokal kayak Gojek makin besar. Why not?" ujarnya. 

Namun untuk Sumatera, Selo mengatakan akan memaksimalkan penggunaan 4G. Karena menurutnya pergantian tiap jaringan itu tidak mudah. 

Di Aceh, saat ini bisnis utama Indosat masih 2G. Walaupun perusahaan tersebut sedang menggelar 4G. 

"Cuman untuk switch orang itu enggak mudah. Makanya kita juga kerja sama dengan beberapa vendor gadget melakukan bundling untuk menarik switch," ujar Selo.