Hati-hati dengan Ancaman DWP

Ilustrasi malware.
Sumber :
  • NoVirus

VIVA – Apakah kamu pernah menemukan file berekstensi DWP.exe di laptop atau komputer? File DWP.exe merupakan salah satu jenis file eksekusi dalam program komputer. 

Jadi buat informasi nih, file berekstensi exe merupakan file eksekusi yang dipakai untuk menjalankan dan mengembangkan program. File eksekusi ini sekali klik nanti membantu kamu mengembangkan program. 

Sebenarnya file exe berguna, namun dalam beberapa kasus file exe bisa merusak komputer kamu lantaran memuat virus atau program komputer berbahaya alias malware. Artinya file ekstensi DWP mengandung ancaman lho.

Dikutip dari laman Windowsbulletin, Jumat 13 Desember 2019, DWP.exe merupakan file eksekusi yang merupakan bagian dari OKI Print Control Client, program yang dikembangkan perusahaan teknologi asal Jepang, OKI. 

Nah mengingat risiko dan potensi file exe bisa berbahaya, kamu perlu melihat apakah DWP.exe itu mengandung ancaman atau aman di komputer kamu. 

Bagaimana caranya? Langkah pertama pastikan file exe tersebut virus atau program yang aman di komputer kami adalah dengan melihat lokasi file eksekusi tersebut.

Nah, lokasi yang aman untuk DWP.exe adalah pada bagian C:\Program Files\DWP.exe. Kalau kamu menemukannya di lokasi lain, kamu patut waspadai dengan potensi terjangkit virus atau malware

Langkah selanjutnya, untuk mengonfirmasi keamanan file eksekusi itu, bukalah Task Manager kemudian pilih View, lalu pilih Select Columns dan pilihlah Image Path Name untuk menambahkan lokasi pada Task Manager. 

Jika kamu menemukan direktori mencurigakan pada bagian ini, itu tandanya kamu perlu investigasi lebih lanjut. 

Tool lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menentukan DWP.exe di komputer kamu aman atau tidak adalah dengan mengakses Process Explorer MIcrosoft. Mulailah program ini dan aktifkan Check Legends di bawah Options. Lalu pilih View, lalu Select Columns dan tambahkan Verified Signer sebagai salah satu kolom. 

Jika status proses Verified Signer terdaftar sebagai Unable to Verify, kamu harus memperhatikan prosesnya. 

Baca juga: Tuai Kontroversi, Hal Ini yang Diprotes dari DWP

Sebagai catatan, fakta tentang file DWP.exe yang harus kamu perhatikan yaitu: 

Lokasi:  C:\Program Files\Okidata\Print Control\Client 

Penerbit: OKI
Full Path:  C:\Program Files\DWP.exe
URL penerbit: www.okidata.co.jp

Cek profilnya ya. Kalau sudah sesuai dengan fakta tersebut kemudian cek ukuran filenya. Kalau jauh dari fakta itu artinya file ekstensi itu berbahaya. 

Hapus DWP?

Nah bagaimana untuk menghapus file DWP.exe yang terendus mengandung virus? Kamu disarankan untuk mengunduh dan memasang aplikasi keamanan, tapi sebaiknya pilih aplikasi yang terpercaya untuk mengusir malware ya. 

Langkah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan dari file ekstensi DWP.exe yang terjangkit virus adalah aktifkan Safe Mode with Networking. Pada posisi ini kamu bisa menjalankan program keamanan dan analisis sistem secara lengkap. Semoga membantu ya!