Jangan Malas! Lakukan Cara Ini Cegah Layar Ponsel Terpapar Corona

Ilustrasi layar ponsel.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wabah Virus Corona mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang awal minggu ini mengumumkan ada dua warganya asal Depok, Jawa Barat, positif Covid-19.

Virus tersebut memang menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terpapar. Menurut Kementerian Kesehatan penyebaran novel coronavirus melalui benda memiliki kemungkinan sangat rendah, termasuk ponsel pintar atau smartphone.

Karena, virus itu membutuhkan perantara manusia atau hewan sebagai inang untuk bertahan hidup. Namun begitu pengguna ponsel harus memperhatikan kebersihan perangkat yang dimilikinya.

Sebab, dalam sehari rata-rata manusia menyentuh layar ponsel lebih dari 2.000 kali. Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan, pencegahan terbaik dari virus dimulai dari diri sendiri.

Salah satunya dengan menjaga layar ponsel tetap bersih. “Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus Virus Corona. Tapi justru sebaliknya. Harus dimulai pencegahannya dari diri sendiri," ungkapnya di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

Salah satu cara membersihkannya dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun, serta juga bisa menggunakan tisu wajah ataupun tisu bayi. Setelah itu diusap menggunakan kain lembut.

Selain bahan-bahan yang dimaksud juga bisa membersihkan ponsel dengan pembersih sinar UV-C. "Bahan tersebut digunakan untuk membersihkan bagian sulit dan lubang-lubang kecil di smartphone," papar dia.

Aryo juga meminta pengguna ponsel untuk membersihkan layarnya dengan pembersih kaca jendela ataupun disinfektan yang mengandung bahan kimia kuat. Bahan tersebut dapat merusak elemen dari pelapis layar.