Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 28 Maret 2020 | 15:08 WIB

Jet Tempur Negara Muslim yang Dikagumi Jokowi Siap Tantang India

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • Global Village Space
Jet tempur JF-17-Block 3 dan F-16C Fighting Falcons. Keduanya milik Angkatan Udara Pakistan.

VIVA – Jet tempur negara Muslim yang dikagumi Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap menantang dominasi India di wilayah udara kawasan Asia Selatan. Adalah Pakistan yang mengejar program modernisasi angkatan udaranya melalui JF-17 Block 3 yang diluncurkan pada Desember 2019.

Sedikit informasi, Block 3 adalah varian terbaru JF-17 Thunder. Presiden Jokowi pernah menaiki kokpit jet tempur ini di Pangkalan Udara Nur Khan, Islamabad, Pakistan, sebelum melanjutkan penerbangan ke Bangladesh, pada awal 2018.

Baca Juga

Pesawat satu mesin ini akan menjadi pengubah permainan bagi kemampuan perang udara negeri yang juga dijuluki Islamic Bomb tersebut. Julukan ini tersemat karena Pakistan merupakan satu-satunya negara Muslim yang mendeklarasikan punya senjata nuklir.

Jet tempur Mirage 2000.
Terpopuler

Mengutip situs Military Watch Magazine, Sabtu, 28 Maret 2020, JF-17 Block 3 mengintegrasikan beberapa fitur siluman terbatas, mesin yang lebih kuat, radar AESA yang lebih besar, sistem pencarian dan pelacakan infra merah, sistem peperangan elektronik baru, dan rudal udara ke udara jauh PL-15.

Dengan kisaran perkiraan 200-300 km, PL-15 akan mengungguli semua rudal udara ke udara yang dibawa jet tempur India. MICA, yang digunakan oleh jet tempur buatan Prancis, Rafale dan Mirage 2000 yang dipakai India, memiliki jarak serang maksimal 80 km.

Sementara R-77 yang digunakan oleh MiG-21, MiG-29 dan Su-30MKI memiliki rentang 110 km. Angkatan Udara Pakistan berharap JF-17 Block 3 mampu menggantikan jet tempur J-7 buatan China dan Mirage III Prancis yang hampir usang, kendati mereka masih memiliki F-16C Fighting Falcons besutan AS.

Jet tempur  F-16C Fighting Falcons.

Sebab, JF-17 Thunder adalah satu-satunya jet tempur Pakistan, selain F-16, yang dilengkapi dengan rudal udara ke udara dipandu radar aktif PL-12 dengan jangkauan 100 km.

Dengan demikian, jet tempur JF-17 Block 3 diprediksi dapat menjadi pengubah permainan udara yang serius di kawasan Asia Selatan.

Meski JF-17 Block 3 diunggulkan atas Mirage 2000, namun masih belum mampu menumbangkan Rafale atau Su-30MKI, yang menjadi andalan India.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jokowi: Tambahan Bantuan UMKM Harus Segera Dilakukan
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru