Ini yang Harus Kamu Lakukan Supaya Hp Android Gak Lemot

Hp Android.
Sumber :
  • Instagram/@android

JAKARTA – Ada beragam cara untuk mengatasi hp Android yang mulai lemot. Lalu, kira-kira apa penyebab di balik lemotnya ponsel Android Anda? Umumnya, kinerja hp Android melambat saat kapasitas penyimpanan (ROM) hampir penuh atau ketika penggunaannya sudah lama sekali.

Hal itu tak cuma terjadi pada hp Android kelas low-end, tetapi kelas premium pun terkadang mengalaminya. Untuk mengatasi hp Android yang mulai lemot, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, sebagaimana dilansir dari situs Android Central, Sabtu, 12 Desember 2020.

1. Bersihkan cache

Cobalah untuk membersihkan cache pada aplikasi yang berukuran besar dan sering Anda gunakan. Ada baiknya, gunakan Files by Google untuk membersihkan cache dan penyimpanan di hp Android Anda.

2. Disable aplikasi yang tak penting

Hp Android memiliki aplikasi bawaan pabrik. Namun, Anda bisa mematikan aplikasi-aplikasi itu dengan cara: buka Pengaturan > Apps/Aplikasi, matikan aplikasi yang menurut Anda tidak penting.

3. Gunakan aplikasi versi ringan

Jika Anda menggunakan hp Android dengan kapasitas penyimpanan (ROM) dan RAM terbatas, ada baiknya gunakan aplikasi versi ringan supaya kinerja ponsel tetap maksimal.

4. Matikan bluetooth/tethering saat tak digunakan

Jangan sampai kebablasan menyalakan bluetooth/tethering karena itu akan memakan daya yang cukup besar dari ponsel.

5. Setop aplikasi yang berjalan di background

Aplikasi yang tetap aktif di background juga dapat mempengaruhi kinerja hp Android Anda. Jadi, sebaiknya hapus aplikasi tersebut dengan menekan ikon overview, lalu hentikan aplikasi satu per satu.