Elon Musk Umumkan Sosok Ini yang akan Mengangkasa Akhir 2021

Elon Musk.
Sumber :
  • Find The Prophets

VIVA – Pebisnis dan miliarder AS yang bergelut di industri teknologi, Jared Isaacman, telah membeli tiket penerbangan sipil pertama ke orbit Bumi. Ia akan menggunakan jasa layanan yang dibuat oleh SpaceX milik Elon Musk, yang tahun lalu menjadi perusahaan swasta pertama menerbangkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Isaacman (38) akan membawa tiga warga sipil lainnya untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa, dengan salah satu penumpang akan ditentukan lewat undian. Setiap warga negara dewasa AS yang berdonasi ke St. Jude Children's Research Hospital selama Februari secara otomatis akan diikutsertakan dalam undian acak untuk kursi tersebut.

Pria berusia 38 tahun yang jadi kaya raya karena menggeluti bisnis teknologi dan jet tempur itu memborong seluruh penerbangan sipil perdana SpaceX. Ia sebelumnya membeli iklan selama Super Bowl mendatang, ajang final olahraga paling populer di AS, untuk mempromosikan misi penerbangan luar angkasa sipil yang diberi nama "Inspiration 4".

"Ini akan menjadi misi orbit berawak swasta pertama dalam sejarah, sekaligus petualangan sekali seumur hidup ke luar angkasa dengan penerbangan antariksa sipil pertama," kata Elon Musk, seperti dikutip dari situs Space, Kamis, 4 Februari 2021.

Melalui penerbangan sensasional ini pula Isaacman bermaksud mengumpulkan dana sebesar US$200 juta untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude, yang merawat kanker anak-anak dan penyakit anak. Separuh dari dana itu akan diberikan dari kantongnya sendiri.

Seorang petugas kesehatan wanita di Rumah Sakit St. Jude telah dipilih untuk misi tersebut. Kursi lain akan diberikan kepada pemilik bisnis yang menggunakan Shift4 Payments, perusahaan pemrosesan kartu kredit milik Isaacman, sedangkan kursi terakhir disediakan untuk pemenang undian amal.

Dalam penerbangan nanti, SpaceX akan menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon Resilience. Pesawat itu saat ini sedang berlabuh di ISS yang mana dipakai untuk Misi Crew-1, penerbangan awak pertama ke laboratorium apung di luar angkasa.

Meski begitu, Misi Inspiration 4 tidak akan dipertemukan dengan ISS. Crew Dragon Resilience dijadwalkan meluncur menjelang akhir tahun ini yang akan lepas landas di atas Roket Falcon 9 dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Kennedy milik NASA di Florida, AS.

Jared Isaacman dan tiga penumpang lainnya akan menghabiskan sekitar dua hingga empat hari mengelilingi Bumi dan kemudian kembali turun. Saat ini misi tersebut masih dikerjakan, dan Elon Musk mengaku jika sebagian besar detailnya tergantung pada Isaacman.