Edho Zell Rela Jual Motor demi Jadi YouTuber

Edho Zell.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Pembuat konten (content creator) Edho Zell bercerita saat awal karirnya menjadi seorang YouTuber. Ia mengaku mengeluarkan modal yang cukup besar, sampai harus menjual sepeda motor agar bisa membeli perangkat komputer untuk mengedit video.

"Untuk beli komputer buat ngedit video saja saya harus jual motor. Kalau dulu teknologinya masih terbatas, sekarang dari proses rekam, edit, sampai upload bisa dari smartphone," kata dia, dalam acara Peluncuran Program Samsung: Be Galaxy Creator, Jumat, 5 Maret 2021.

Baca: Ponsel Samsung Dapat Garansi Khusus Selama 4 Tahun

Menurutnya, saat ini segala sesuatu sudah dimudahkan tinggal mendorong para content creator dan mentoring agar bisa membuat konten yang positif dan bermanfaat.

Dalam acara tersebut, YouTuber yang pengikutnya hampir empat juta ini juga membagikan beberapa tips bagi para generasi Z dan milenial yang ingin mengasah kemampuannya menjadi seorang content creator.

Tips pertama adalah jadilah yang terbaik. Tapi untuk saat ini menjadi yang pertama agak sulit karena pesaingnya sudah banyak. Oleh sebab itu para pembuat konten bisa menjadi yang pertama menciptakan konten viral.

"Viralnya lebih kepada mempertemukan pembuat konten dengan penonton baru, dalam artian konten yang dibuat mempertemukan para kreator dengan orang yang belum mengenalnya," ujar Edho.

Ia melanjutkan, pemula harus didorong menjadi be genuine atau menjadi content creator sesuai dengan kegemarannya. Konten yang keluar dari tangan mereka harus berdasarkan kegemaran tanpa memikirkan jumlah penonton, karena jika mengikuti apa yang tengah tren akan menjadi berat untuk dijalani.

"Untuk mencari apa yang kita suka adalah dengan mencoba. Berikutnya adalah konsisten. Jika sudah lebih stabil para kreator harus konsisten berusaha dan belajar," jelasnya. Ia juga mengingatkan supaya tidak berkecil hati saat ada yang mengkritik video yang dibuatnya.

Seperti diketahui, Edho Zell akan menjadi salah satu mentor pada program Be A Galaxy Creator yang mendukung penuh inisiatif Samsung untuk melahirkan content creator baru dan turut berbagi tips bagi para generasi Z dan milenial agar terus semangat berkreasi dan menghasilkan konten yang berkualitas.

Seleksi untuk program Be A Galaxy Creator akan berlangsung pada 5–18 Maret 2021. Syarat untuk bergabung pada program ini harus berusia mulai 17-28 tahun, memiliki akun media sosial, dan akun YouTube dengan kurang dari 1.000 subscribers yang mengulas inovasi dan teknologi.

Pendaftaran bisa melalui http://www.samsung.com/id/be-galaxy-creator. Dua peserta terpilih akan diumumkan sebagai pemenang pada 27 Maret mendatang. Kedua akan mendapatkan kesempatan eksklusif mengikuti pelatihan yang dibimbing secara intensif untuk menjadi seorang technology reviewer profesional.