Begini kalau Batu Buatan Dibakar pada Suhu 1.250 Derajat Celcius

Ilustrasi batu buatan.
Sumber :
  • https://www.quadrasurface.com/

VIVA – Semakin berkembangnya teknologi industri material, pilihan bahan dan motif penutup dinding, lantai, dan furnitur kian bervariasi. Untuk urusan melapisi dinding dan lantai sebuah bangunan, umumnya orang memilih menggunakan material berupa keramik, marmer, granit, vinil, dan kayu.

Lalu, ingin mendapatkan tampilan mewah dan elegan, sintered stone slab bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para arsitek dan interior designer saat ini. Terkait hal ini, quadra cukup agresif meluncurkan inovasi terbaru.

Baca: Ilmuwan Kaget Lihat Kerangka di Balik Batu Ini

Quadra merupakan a man made stone atau batu buatan manusia yang sangat keras layaknya batu alam. Secara teknis, quadra disebut sintered stone slab, yang artinya merupakan campuran bahan bebatuan berkualitas yang dipadatkan dengan tekanan tinggi, lalu dibakar dengan suhu sangat tinggi, yakni 1.250 derajat Celsius.

Mekanisme proses pembuatan tersebut menjadikan quadra sangat padat, keras, sekaligus tidak berpori. GM Marketing Quadra, Jimin Suman, mengklaim produknya diciptakan dengan filosofi hijau (green philosophy), di mana kelestarian lingkungan mendapat perhatian termasuk ketika proses produksinya, seperti meminimalkan polusi, water recycling, hingga penggunaan gas sebagai bahan bakar.

“Material quadra mudah diaplikasikan pada bangunan atau interior. Quadra juga less maintenance, karena kami menggunakan teknologi tinggi dari Italia, yang merupakan sebuah revolusi dalam building material industry, di mana (memproduksi Slab) ukuran sudah tidak menjadi kendala,” kata dia, Kamis, 6 Mei 2021.

Photo :
  • Stanford News - Stanford University

Pada kuartal I 2021, Quadra meluncurkan The All New Collections, yang menampilkan 22 varian motif terbaru yang terbagi dalam 2 ukuran, yaitu 320x160cm dengan ketebalan 12 mm dan 240x120cm dengan ketebalan 9 mm.

Jumlah koleksi The All New Collections yang berukuran 320x160cm berjumlah 7 motif, sedangkan jumlah koleksi yang berukuran 240x120cm berjumlah 15 motif. Selain motif dan ukuran yang beragam, The All New Collections juga memberikan pilihan permukaan (finishing), yaitu Shiny Polished, Luxurious Matte, Original Matte, dan Lite Matte.

Untuk menunjang ketersediaan produk, Quadra memiliki jalur pendistribusian yang tersebar luas di kota-kota besar Indonesia, seperti Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, hingga Makassar.