Penghargaan Papua Nugini untuk Presiden SBY

Sumber :

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima penghargaan Grand Companion of the Order of `Logohu` dari PM Papua Nugini Michael Somare. Penghargaan ini diberikan dalam jamuan santap malam di Hotel Crowne Plaza, Port Moresby, Kamis malam, 11 Maret 2010.

"Akan saya simpan sebagai tanda persahabatan yang erat antara Indonesia dan Papua Nugini," kata Presiden SBY seperti dikutip dari situs Presiden SBY. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang berjasa dalam peningkatan hubungan dengan PNG.

Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Pangeran Charles pernah menerima penghargaan ini.

Dalam sambutan jamuan makan malam, Presiden SBY mengucapkan terimakasih karena sejak hubungan diplomatik dibuka pada 1975, PNG secara konsisten mendukung kedaulatan Indonesia. "Begitu pula sebaliknya Indonesia selalu mendukung kedaulatan, intergritas wilayah, dan keutuhan negara Paua Nugini, bahkan pembangunan yang dilaksanakan oleh Paupa Nugini,” kata SBY.

Presiden juga berharap agar kerjasama dalam pembangunan ekonomi, investasi, dan perdagangan kedua negara dapat ditingkatkan.

“Indonesia dan Papua Nugini juga menjalin kerjasama yang baik dalam bidang perbatasan," sambung Presiden.

Kedua negara sepakat untuk membuka secara resmi lintas batas Kawoto yang dapat meningkatkan people to people contact, meningkatkan perdagangan kedua negara, dan dapat meningkatkan taraf sosial-ekonomi dan penduduk yang tinggal di daerah perbatasan.