11 Tips Pintar Matematika yang Sangat Efektif dan Cepat Paham

Menjadikanmu mahir dalam matematika
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tips pintar matematika atau tips belajar matematika tidak seseram atau sesulit kedengarannya. Bagi banyak orang, ini adalah pelajaran yang benar-benar mereka takuti. Namun, itu adalah satu-satunya mata pelajaran yang akan membantu kamu bahkan setelah sekolah selesai.

Tips pintar matematika juga banyak digunakan dalam mata pelajaran lain seperti fisika dan kimia. Hal terbaik tentang Matematika adalah, begitu kamu menguasainya, itu bisa menjadi mata pelajaran yang paling banyak mencetak skor. Bukan tidak mungkin, malah lebih mudah dari kelihatannya. Nah, berikut VIVA sajikan tips pintar matematika yang disadur dari jagranjosh.com.

Lalu, Bagaimana Tips Belajar Matematika?

Catat semua rumus

Matematika

Photo :
  • healthyfoodhouse

Ketika kamu melihat sesuatu yang cukup, itu akan terekam dalam ingatan kamu,bahkan jika itu tidak disadari. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang lebih suka menempelkan diagram atau rumus di meja belajar atau di kamar mereka sebagai salah satu tips pintar matematika. Buat tempelan dari semua rumus di buku teks kamu dan hiasi kamar kamu dengannya, setidaknya sampai ujian selesai.

Mulailah dengan memecahkan contoh

Trik perkalian matematika kupu-kupu.

Photo :
  • U-Report

Tips pintar matematika berikutnya adalah jangan mulai dengan memecahkan masalah yang rumit. Jika kamu baru saja memahami matematika, memecahkan jumlah sulit akan memberi kamu jawaban yang salah dan membuat kamu putus asa. Bahkan mungkin membuat kamu membenci Matematika lagi.

Sebaliknya, mulailah dengan sederhana. Selesaikan contoh di buku teks kamu. Pastikan kamu tidak melihat jawabannya sebelumnya. Setelah kamu menyelesaikannya, bandingkan dengan solusi buku teks, atau buku referensi yang kamu gunakan.

Lihat apakah semua langkah kamu benar, bukan hanya jawaban utama. Setelah kamu menyelesaikan semua langkah dengan benar, kamu siap untuk mengatasi masalah yang lebih sederhana. Setelah kamu menguasainya, kamu dapat melanjutkan ke yang sulit.

Hapus semua keraguanmu

Sangat mudah untuk terjebak pada keraguan dalam tips pintar matematika. Jangan biarkan keraguan kamu menumpuk, bersihkan segera setelah itu terjadi. Semakin cepat keraguan kamu teratasi, semakin cepat kamu menguasai topik tersebut. Tanyakan kepada guru kelas kamu,teman atau di aplikasi online.

Berlatihlah sebanyak yang kamu bisa

Ilustrasi matematika.

Photo :
  • http://blogs.babble.com

Tips pintar matematika yang pertama adalah berlatih karena matematika adalah mata pelajaran langsung. kamu tidak bisa hanya 'mempelajari' bab, kamu harus memahami konsep dan kemudian terus berlatih. Sangat ideal untuk mulai berlatih sejak hari pertama.

Dengan begitu, kamu akan terlatih dengan baik pada saat ujian tiba. Saat kamu mempelajari materi pelajaran yang berat, kamu dapat menyelipkan sedikit latihan matematika, sehingga tidak membebani.

Pahami turunannya

Tips pintar matematika selanjutnya adalah dengan memahami turunannya. Sebab kamu mungkin berpikir bahwa derivasi tidak begitu penting dari sudut pandang ujian, tetapi penting untuk dipahami. kamu tidak selalu dapat mempelajari suatu rumus, kamu perlu memahami logika di baliknya.

Misalnya, kamu perlu tahu mengapa kecepatan adalah fungsi jarak dan waktu, bukan hanya mempelajari rumus dan menggantinya dengan angka. Jika kamu menghafal, ada kemungkinan kamu akan melupakannya selama ujian, tetapi jika konsep kamu jelas, itu akan selalu mudah diingat.

Gunakan teknologi sebagai salah satu tips matematika

Semakin banyak paparan yang kamu ketahui mengenai matematika, semakin kamu akan mengerti dan semakin cepat kamu akan belajar untuk bekerja melalui proses penyelesaian persamaan. Dari sumber online yang bermanfaat seperti video, buku, dan game hingga pelajaran video interaktif, teknologi telah mempermudah dan lebih cepat untuk mempelajari matematika dasar secara online dan gratis.

Baik itu untuk belajar matematika dasar secara online atau sesuatu yang lebih canggih, sesi bimbingan belajar benar-benar dapat membantu kamu belajar matematika lebih cepat.

Tinjau kesalahanmu

Banyak cabang ilmu matematika tentang pemecahan masalah, dan untuk memecahkan masalah kamu perlu menerapkan solusi yang berbeda sampai kamu menemukan solusi yang tepat. Jika kamu mendapatkan jawaban yang salah, tinjau kembali proses kamu dan identifikasi kesalahannya sebagai salah satu tips pintar matematika.

Memahami di mana kamu salah dalam pendekatan kamu menggunakan proses langkah demi langkah adalah cara terbaik untuk memperkuat keterampilan kamu dan menghindari membuat kesalahan yang sama lagi.

Fokus pada konsep, bukan proses

Anak paling sebal dengan pelajaran matematika.

Photo :
  • U-Report

Matematika adalah subjek yang berurutan. kamu perlu memahami satu masalah secara menyeluruh sebelum pindah ke yang berikutnya. Jika kamu hanya mengetahui proses persamaan, kamu akan lebih sulit memahami di mana persamaan tersebut cocok dengan solusi untuk berbagai masalah pada tingkat yang lebih tinggi.

Jangan kehilangan kontak dengan dasar-dasarnya

Dasar-dasar kamu adalah segalanya dalam Matematika. Bahkan jika kamu belajar, kamu harus memiliki dasar yang kuat dari kelas 9 hingga kelas 12. Sebagian besar bab dalam Matematika dibangun di atas yang sebelumnya.

Jika fondasi kamu tidak sekuat yang kamu inginkan, teruslah kembali dan latih penjumlahan dari bab-bab tertentu di tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, kamu harus selalu mengetahui dasar-dasarnya sebagai tips pintar matematika.

Latihan menjadi sempurna

Tidak ada yang berharga yang datang dengan mudah, dan pemahaman matematika yang kuat tidak terkecuali. Ini adalah keterampilan yang akan berkembang hanya dengan berlatih berulang-ulang. Jadi gunakan waktu luang kamu untuk berlatih persamaan, aljabar, dan aritmatika dasar. kamu akan melihat dan merasakan perbedaan dalam hitungan minggu.

Gunakan dunia nyata, contoh nyata

Guru matematika

Photo :
  • BusinessInsider

Mata pelajaran matematika bisa sangat abstrak, yang membuatnya sulit untuk diingat dan dipahami. Salah satu tips pintar matematika dengan cepat adalah dengan menerapkan matematika pada situasi sehari-hari yang lebih kamu kenal.

Temukan contoh masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari kamu untuk menjadi lebih baik dalam matematika dengan cepat. Beberapa contoh dapat berupa menghitung probabilitas memenangkan tiket lotre atau menghitung jarak yang dapat kamu tempuh dengan setengah tangki bahan bakar di mobil kamu.