Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan, Lengkap Dengan Contohnya

Ilustrasi surat lamaran pekerjaan
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan mungkin sebagian dari kita sudah mengetahuinya. Namun, bagi yang belum tahu bagian-bagian surat lamaran pekerjaan, simak ulasan selengkapnya berikut ini ya. Khususnya bagi kamu yang freshgrduate.

Surat lamaran pekerjaan perlu kamu ketahui jika ingin melamar suatu pekerjaan yang kamu tuju. Ini menjadi salah satu poin penting yang bisa menentukan lolos atau tidak ke tahap selanjutnya. Dalam membuatnya, ada bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang harus kamu ketahui. Bagian atau unsur-unsurnya meliputi:

Tempat dan tanggal pembuatan surat
Alamat perusahaan yang dituju
Salam pembuka
Pembuka surat
Isi surat
Lampiran/syarat lamaran
Penutup surat
Tanda tangan dan nama pelamar
Kamu juga harus memperhatikan penggunaan bahasanya, mulai dari struktur, pemilihan kata (diksi), kejelasan kalimat, hingga EYD. Pastikan menggunakan Bahasa yang baku dan sopan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat lamaran pekerjaan.

Photo :
  • U-Report

Dari unsur-unsur yang telah disebutkan di atas, mari kita bedah lebih rinci penjelasannya berikut ini. 

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
Tempat dan tanggal surat lamaran bisa kamu tulis di bagian pojok kanan atas secara lengkap. Berikut contohnya:
Jakarta, 19 Juli 2022

Perhatikan dalam penggunaan nama tempat dan bulan, harus selalu diawali dengan huruf kapital (huruf besar). Penulisan antara tempat dan tanggal surat juga dipisahkan oleh koma (,).

2. Alamat Perusahaan yang Dituju
Kemudian di bagian bawah sebelah kiri, tulis nama penerima dan alamat lengkap perusahaan yang akan kamu tuju. Untuk nama penerima, jika kamu tidak tahu nama HRD-nya, kamu bisa menuliskan dengan “Bapak/Ibu” saja. Berikut contohnya:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT VIVA Media Baru
Gedung tvOne, Gedung Serba Guna, 
Jl. Rw. Terate II No.2, RW.9, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930

Jika surat lamaran ditujukan ke subjek tertentu, maka kamu bisa gunakan “Yth.”. Apabila ditujukan untuk perusahaan tanpa subjek tertentu, maka gunakan “Kepada”. Jadi, jangan gunakan kedua-duanya. Kemudian, untuk “PT”, tidak perlu diikuti dengan tanda titik (.).

3. Salam dan pembuka surat
Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan selanjutnya yaitu salam pembuka. Biasanya, salam pembuka ditulis dengan kalimat, “Dengan hormat”. Sementara itu, pembuka surat lamaran pekerjaan bisa kamu isi dengan kata pengantar. Umumnya, dalam kata pengantar ini kamu bisa menjelaskan dari mana kamu mendapat informasi terkait lowongan pekerjaan tersebut dan posisi yang kamu inginkan. Berikut contohnya:
 
Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs LinkedIn, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Reporter. 

4. Isi surat
Langkah selanjutnya yaitu mengisi bagian isi surat. Dalam bagian ini kamu bisa menuliskan data diri kamu. Tulis nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon/HP, e-mail,  serta pendidikan terakhir. Pastikan mengisi nomor HP dan email yang masih aktif ya. 

Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan juga kemampuan yang kamu miliki, baik itu softskill maupun hardskill. Jika kamu punya pengalaman magang, PKL, atau lainnya, kamu bisa menuliskan di bagian ini. Namun, jika kamu belum punya pengalaman, kamu bisa tulis pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti di sekolah maupun kuliah. Berikut contohnya:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
nama                              : Rony Saputra
tempat dan tanggal lahir: Jakarta, 12 Juli 1997
alamat                            : Jalan Pegangsaan Timur, No.15, Jakarta Timur
e-mail                             : Ronys31@gmail.com
no. HP                            : 085378873xxx
Saya merupakan fresh graduate Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Selama kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan menjabat sebagai ketua Divisi Media Komunikasi dan Informasi. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan dapat bekerja sama dalam tim. Saya juga menjadi penyiar radio di kampus.

Perlu kamu perhatikan penulisannya, di penulisan data diri karena bentuknya daftar yang menggunakan titik dua (:), semua awal baris ditulis dengan huruf kecil. Penulisan titik dua (:) juga sebaiknya dibuat rata sebaris agar terlihat rapi. Selain itu, kalimat yang kamu gunakan juga harus singkat dan jelas. Jadi, jangan bertele-tele supaya tidak memberikan kesan jenuh ketika dibaca oleh tim HRD.

5. Lampiran/syarat lamaran
Di bagian lampiran atau syarat lamaran, kamu bisa menuliskan dokumen-dokumen apa saja yang kamu lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Biasanya, dokumen-dokumen ini berupa daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah, pas foto, dan portofolio. Jika kamu pernah mengikuti lomba, seminar, atau pelatihan yang mendapat sertifikat, kamu bisa melampirkan fotocopy sertifikatnya juga. Ini bisa menjadi nilai plus buat pelamar. Contoh penulisannya seperti ini:
 
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan
1. pas foto,
2. fotocopy KTP,
3. daftar riwayat hidup,
4. fotocopy ijazah terakhir,
5. fotocopy transkrip nilai,
6. sertifikat keikutsertaan organisasi.

Pada bagian ini juga harus diperhatikan, yaitu setiap awal baris ditulis dengan huruf kecil dan di akhir barisnya menggunakan koma, kecuali baris terakhir.

6. Penutup surat
Bagian penutup surat lamaran pekerjaan, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu memiliki harapan yang besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih. Seperti contoh berikut ini,

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya harap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya dan memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci di tahapan berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

7. Tanda tangan dan nama pelamar

Terakhir, untuk tanda tangan dan nama pelamar bisa kamu tulis di pojok kanan surat. Contohnya,

Hormat saya,
(tanda tangan)
Rony Saputra

Contoh surat lamaran pekerjaan

Ilustrasi surat lamaran pekerjaan

Photo :
  • pixabay

Jakarta, 19 Juli 2022

Kepada HRD PT VIVA Media Baru
Gedung tvOne, Gedung Serba Guna, Jl. Rw. Terate II No.2, RW.9, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930
di tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs LinkedIn, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Reporter. 
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
nama                              : Rony Saputra
tempat dan tanggal lahir: Jakarta, 12 Juli 1997
alamat                            : Jalan Pegangsaan Timur, No.15, Jakarta Timur
e-mail                             : Ronys31@gmail.com
no. HP                            : 085378873xxx
Saya adalah pria yang aktif berorganisasi, memiliki keahlian edit video, tulisan, riset, dan memahami SEO. Saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim.
Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:
1. pas foto,
2. fotocopy KTP,
3. daftar riwayat hidup,
4. fotocopy ijazah terakhir,
5. fotocopy transkrip nilai,
6. sertifikat keikutsertaan organisasi.

Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara untuk menjelaskan secara detail potensi yang saya miliki. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Rony Saputra

Demikian ulasan tentang bagian-bagian surat lamaran pekerjaan lengkap dengan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat.