5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Suci Ramadhan

Membaca Alquran saat puasa Ramadhan. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Bulan Ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pahala amalan dilipatgandakan, pintu-pintu kebaikan dibuka lebar dan setan dibelenggu. Di bulan yang mulia ini umat Islam berlomba-lomba untuk meningkatkan ketaqwaan mereka, salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Quran.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk memperbanyak tadarus bulan Ramadhan. Melalui tadarus, kita bisa saling belajar dan khatam Al-quran bersama-sama sehingga suasana Ramadhan menjadi semakin syahdu dan penuh berkah. Berikut 5 keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, Melansir berbagai sumber, Selasa, 19 Maret 2024.

1. Pahala Berlipat Ganda

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik

Setiap huruf dalam Al-Quran mengandung kebaikan dan pahala keutamaan ini dilipatgandakan di bulan Ramadhan.

Rasulullah bersabda "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran, maka baginya satu kebaikan. Setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh pahala semisalnya, kecuali bacaan Al-Quran. Satu huruf diblas sepuluh pahala, Qul Huwallahu Ahad dihitung sama dengan sepertiga Al-Quran,' HR. At-Tirmidzi.

2. Diangkat Derajat dan Ditempatkan di Tempat Terbaik

Membaca Al-Quran atau mengaji menjadi amalan yang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia dan akhirat. Rumah yang sering dibacakan Al-Quran akan terasa teduh dan dipenuhi keberkahan, malaikat pun akan merasa senang berada di dalamnya.

"Hiasi dirimu dengan Al-Quran, sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat dan memberi tempat yang mulia kepada orang mulia karena Al-Quran," HR. Ahmad.

3. Mendapatkan Ketenangan Hati dan Jiwa

Al-Quran sebaik-baiknya petunjuk dan obat penyakit hati. Membacanya dengan perlahan dan sesuai tajwid akan memberikan efek ketenangan. Di bulan ramadhan, ujian dan godaan bisa saja datang. Membaca Al-Quran secara rutin akan menjadi benteng dan penenang hati

4. Diampuni Dosa-dosa dan Dimudahkan di Hari Kiamat

Membaca Al-Quran bisa menjadi sebab diampuninya dosa-dosa Rasulullah bersabda, "Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya dia akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat," Hr Ahmad.

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Selain itu, membaca Al-Quran secara rutin terlebih di bulan ramadhan, akan memberikan kemudahan di hari akhir. Rasulullah bersabda "Bacalah Al-Quran oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Quran yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolong di hari kiamat nanti," HR. Muslim.

5. Menyucikan Diri dari Dosa dan Perbuatan Buruk

Al-Quran ibarat petunjuk dan cahaya yang menerangi jalan kebenaran. Membaca dan memahami kandungan Al-Quran dapat menjadi benteng untuk melawan godaan hawa nafsu dan perbuatan dosa. Dengan menghidupkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, kita akan terhindar dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.