Pekan Bencana Buat 4 Kandidat Juara

ilustrasi foto liga inggris
Sumber :

VIVAnews - Mengejutkan. Satu kata yang tepat untuk menggambarkan Premier League pekan ini. Betapa tidak, di tengah tensi tinggi kompetisi, empat kuda pacu di papan atas klasemen malah tersungkur di laga penutup dan awal tahun. Manchester City, Manchester United dan Chelsea kalah dengan lawan yang sesungguhnya memiliki level permainan dua tingkat di bawah mereka. Sedangkan Tottenham Hotspur sedikit bernasib mujur mampu mencuri satu poin di pekan ini.

Di awali dengan laga Manchester United saat menjamu penghuni dasar klasemen, Blackburn Rovers di Old Trafford, Sabtu, 31 Desember 2011. Skuad Setan Merah yang berambisi memetik kemenangan sebagai hadiah ulang tahun ke-70 pelatihnya, Sir Alex Ferguson, secara tidak terduga kalah 2-3 dari tamunya.

Hingga awal babak kedua, MU telah tertinggal dua gol dari skuad asuhan Steve Kean. Patrick Evra dan kawan-kawan sempat menyamakan kedudukan lewat dua gol Dimitar Berbatov. Namun petaka bagi MU datang di menit ke-80. Blunder kiper MU, David De Gea berhasil dimaksimalkan bek The Rovers, Grant Hanley. 2-3 untuk kemenangan tamu.

Alhasil, MU harus keluar lapangan dengan tertunduk malu. Yang lebih memalukan, MU kalah di Old Trafford oleh tim yang belum pernah memetik kemenangan sekalipun di kandang lawan musim ini!. Ferguson pun menyatakan kekalahan ini adalah bencana tidak terduga buat timnya.

Kekalahan MU tentu menjadi kabar gembira buat rivalnya, Chelsea, yang beberapa jam kemudian menjamu Aston Villa di Stamford Bridge. Namun apa lacur, skuad asuhan Andre Villas Boas malah keok 3-1 dari tamunya. Sempat unggul di menit ke-23 lewat gol Didier Drogba, The Blues selanjutnya malah tidak berdaya dibombardir tiga gol oleh skuad asuhan Alexander McLeish.

Hal yang sama juga dialami pemuncak klasemen, Manchester City kala bertandang ke Stadium of Light untuk menghadapi penghuni posisi ke-14,Sunderland, Minggu, 1 Januari 2012. Mendominasi sepanjang laga, The Citizens malah kecolongan saat laga masuk masa injury time.

Gol yang dicetak oleh gelandang Sunderland, Ji Dong-won tidak terlepas dari kesalahan lini pertahanan ManCity yang telat turun usai membantu serangan. Alhasil kubu tuan rumah sukses memaksimalkan serangan balik cepat yang membuahkan gol.

Manajer ManCity, Roberto Mancini tidak dapat menutupi amarahnya atas kelalaian pasukannya tersebut. Pelatih asal Italia itu pun meradang dan langsung memarahi skuadnya usai laga berakhir. "Saya benar-benar kecewa. Tidak mungkin kami kalah dalam laga seperti ini," ujar Mancini.

Hasil yang lebih baik diraih penghuni posisi ketiga klasemen, Tottenham Hotspur. Skuad asuhan Harry Redknapp mampu memetik satu poin kala bertandang ke Liberty Stadium untuk menghadapi Swansea City. kedua tim berbagi angka setelah mengakhiri laga dengan hasil imbang, 1-1.

Dengan tiga hasil laga ini, Manchester City masih memuncaki klasamen Premier League dengan raihan 45 poin. Sementara Manchester United masih membayangi di posisi kedua dengan poin sama namun kalah agresifitas gol. Sedangkan The Spurs kokoh di posisi ketiga dan memperpendek jarang hingga 6 poin.

Sementara itu, Chelsea harus menerima posisinya di empat besar diambil alih oleh tetangganya, Arsenal yang di pekan ini sukses memetik kemenangan tipis 1-0 atas tamunya, Queens Park Rangers. The Blues terlempar ke posisi lima dengan hanya memetik 34 poin dari 19 laga yang telah dijalani.