Marak Penipuan, Lakukan 5 Tips Ini Saat Belanja Online

Ilustrasi Keamanan Belanja Online
Sumber :
  • Traveloka

VIVA – Hari gini, siapa sih yang nggak akrab dengan internet? Terlebih kaum milenial yang bahkan sudah terekspos dengan dunia maya sejak dini. Memang sejak ada internet berbagai kegiatan pun dimudahkan, termasuk dalam soal belanja. Selain praktis, belanja online memang lebih mudah dan murah, ditambah dengan berbagai promosi yang menggiurkan.

Namun, para pengguna internet juga perlu hati-hati karena para penipu pun ikut mengambil keuntungan dari internet. Dengan memanfaatkan internet, seorang penipu dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar karena jumlah korban yang dijangkau bisa lebih banyak. Untuk itu, kamu perlu lebih cermat agar bisa menghindari penipuan online yang semakin marak ini.

Supaya lebih aman, kamu bisa lakukan lima tips ini saat belanja online:

Jangan Gunakan Wi-Fi Gratis

Di era digital seperti sekarang ini, nggak heran kalau banyak tempat umum yang menyediakan layanan wi-fi gratis. Tapi, perlu diingat agar tidak menggunakan wi-fi gratis jika ingin melakukan transaksi keuangan, ya! Hal ini karena data pada gadget kamu bisa saja jatuh ke tangan para penjahat dunia maya, termasuk data login untuk online banking.

Jangan Berikan Informasi Pribadi

Hindari mengirimkan data pribadi seperti identitas, kartu kredit ataupun transaksi keuangan kepada pihak yang tidak dikenal melalui aplikasi percakapan digital atau media sosial. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, hanya isi informasi yang menurut kamu penting saja, ya!

Update Password Secara Berkala

Penting banget nih buat password yang berbeda untuk setiap rekening atau akun. Untuk membuat password yang kuat, password harus terdiri dari kombinasi angka, tanda baca, dan huruf. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti password secara berkala dan jangan beritahukan hal ini kepada orang lain agar tidak disalahgunakan.

Jangan Berikan One Time Password (OTP)

Sama seperti password lainnya, OTP ini juga bersifat rahasia. Untuk itu, janganlah sesekali memberikan OTP kepada siapa pun ketika tiba-tiba menerima SMS berisi password ini. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan akun atau pembajakan oleh pelaku fraud.

Belanja di Situs yang Terpercaya

Pilihlah situs yang memiliki reputasi baik agar transaksi pembelian lebih aman. Jangan lupa juga untuk memeriksa testimoni dari pelanggan untuk mengetahui baik buruknya pelayanan yang diberikan oleh situs pemesanan tersebut. Pastikan juga perusahaan itu memiliki izin dari lembaga berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), ya!

Salah satu e-commerce ternama di Indonesia adalah Traveloka, yaitu Online Travel Agent (OTA) yang menawarkan pembayaran digital sebagai salah satu metode pembayarannya. Untuk itu, mungkin kamu bertanya-tanya apakah aman bertransaksi di Traveloka? Tentu kamu nggak perlu khawatir, karena Traveloka sudah memikirkan hal ini demi keamanan para penggunanya.

Perlu diketahui, Traveloka menggunakan pelindung enkripsi data terkemuka untuk mengamankan transaksi kamu. Sistem perlindungan berangkap dan manajemen keamanan Traveloka dapat mencegah aktivitas yang mencurigakan. Traveloka pun menghormati privasi kamu dan tidak akan membagikan data kamu dengan pihak ketiga mana pun.

Selain perlindungan seperti Notifikasi Login dan Autentikasi Dua Faktor, Traveloka juga memberikan kamu keleluasaan untuk menonaktifkan akun jika ada aktivitas akun yang tidak kamu kenali. Namun, Traveloka selalu memastikan bahwa hal itu tidak perlu terjadi dengan selalu memonitor keamanan dan me-review setiap transaksi kamu selama 24 jam.