Trik Mudah Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat dari Ahlinya

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA – Wajah yang terlihat cerah, bersih dan sehat menjadi dambaan setiap orang, baik kaum Adam maupun Hawa. Namun sayangnya, ada segelintir orang yang memilih mendapatkan penampilan dengan cara instan, padahal belum tentu benar.

Dokter spesialis kecantikan dan estetika dr. Maria Charlotte, BMedSci mengatakan, cara termudah untuk mendapatkan kulit wajah sehat, bersih dan bercahaya adalah dengan menjaga asupan makanan harian.

"Makanan yang sehat akan menghasilkan kulit yang sehat pula. Intinya mengarah ke glowing skin, healthy skin dari dalam. Ngomongin apapun ujung-ujungnya ke kulit bersih," kata Direktur Utama ID Beauty Clinic Jakarta ini di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Agustus 2018.

Dia menuturkan, menjaga kebersihan kulit wajib hukumnya kapan pun dan di mana pun. Dokter cantik itu memberikan trik simpel untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat.

Pertama, bersihkan wajah. Untuk menjaga kulit wajah tetap sehat adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit usai menggunakan make-up. Harus diingat bahwa kulit memiliki pori-pori yang wajib dibersihkan jika kamu hendak tidur supaya bisa bernapas demi mengembalikan kekenyalannya.

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya dengan mengaplikasikan toner. Fungsi toner tidak hanya untuk membersihkan sisa-sisa make-up, tapi juga menenangkan, memperbaiki dan menghaluskan kulit dengan mengurangi bintik hitam, serta meminimalisir kemerahan dan peradangan pada kulit.

"Sebaiknya pakai kapas saat menggunakan toner supaya hasil lebih maksimal," kata dia.

Selanjutnya menggunakan pelembap kulit khusus wajah. Memang pelembab terlihat sepele, namun jangan pernah melewatkan memakai pelembap, terutama sebelum tidur untuk melindungi, memberikan kelembapan dan menutrisi kulit.

Dan hal lain yang juga sangat penting adalah selalu menggunakan sunblock, apalagi ketika kamu ke luar rumah dan terpapar sinar matahari. Sunblock memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah penuaan diri dan kerusakan jaringan kulit, menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.