Tips Agar Rambut Panjang Tetap Indah Meski di Musim Panas

Ilustrasi rambut beruban.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Tinggal di daerah dengan cuaca yang panas seperti Jakarta, memang membuat penampilan mudah kusam. Khusus bagi wanita yang memiliki rambut panjang, pasti akan sangat mudah merasa gerah.

Biasanya, rambut panjang akan berkurang keindahannya jika terkena sinar matahari terlalu sering dan dalam waktu yang lama.

Rambut akan terlihat kering dan kusut. Hal tersebut dipastikan sangat mengganggu penampilan. Hair stylist dari salon Double Hair Studio, Rendy membagi tips agar rambut tetap cantik saat udara panas.

"Panas memang menguntungkan untuk sebagian orang, tetapi terkadang teriknya sangat menyengat. Karena panas terik dan sinar dari matahari menyebabkan rambut dapat kehilangan nutrisi dan keindahannya. Pada saat yang sama, kesehatan rambut kamu perlahan-lahan dapat memburuk," kata Rendy saat berbincang dengan VIVA.

Rendy menambahkan, bagi Anda yang memiliki rambut panjang baiknya memodifikasi dengan beberapa cara agar tetap terlihat modis.

"Ya kalau enggak cocok dengan rambut panjang baiknya jangan memanjangkan rambut. Kalau memang mau mempertahankan rambut panjang, Anda bisa mengubah tatanan rambut agar tidak cepat merasa gerah," kata Rendy.

Baiknya, rambut diberi volume saat penataan, dicatok lalu dikeriting bagian ujung rambutnya.

"Lalu diangkat (diikat) sedikit, agar saat diikat atau dijepit bagian leher ada udaranya, dan bertekstur, kalau di bagian ujung rambut ada curly-nya itu keren, rambut tetap terlihat modis dan fesyen banget," tambahnya.

Selain tatanan rambut, hal berikut yang harus diperhatikan adalah merawat rambut di musim panas.

"Hindari pemakaian serum pada rambut, karena kalau pakai serum, rambut akan berminyak, jadi di bagian luar rambut sudah berminyak. Di bagian dalam pun berminyak, kebayang dong hehe."

Rendy pun menyarankan untuk mencegah rambut berminyak, coba menggunakan serum, namun jangan berlebihan.

"Asal jangan berlebih, dibagian batang rambut saja," katanya.

Saat cuaca panas, perawatan super ekstra harus Anda perhatikan. "Setelah habis keramas, biasa menggunakan conditioner, ini diganti dengan hair spa, masker rambut itu baik untuk rambut. Lakukan treatment tersebut dua hari sekali. Selain membuat rambut halus, dia (hair spa dan masker) membantu memulihkan kutikula rambut menjadi sehat kembali," katanya.

Yang terakhir, gunakan penjepit atau ikat rambut khusus. "Boleh pakai karet rambut, asal karet khusus rambut ya, bukan karet gelang."

Dan ingat, lanjutnya, jangan terlalu keras menarik dan ikatnya. Sebab, seringkali ada orang yang mengikat rambut terlalu kencang. Sehingga rambut tertarik, menjadikannya mudah rontok.

"Itu tidak boleh. Jika setiap hari dilakukan, maka rambut akan berubah, dan rusak," katanya.