Kenali Jenis Jerawatmu dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/SharonMcCutcheon

VIVA – Ada beberapa cara yang dilakukan orang, khususnya wanita untuk mengatasi jerawat yang membandel di wajah. Namun, tahukah Anda bahwa jerawat rupanya memiliki jenis dan penanganan yang berbeda pula.

Kepada VIVA, dr. Adinda dari ZAP Clinic menjelaskan beberapa jenis jerawat dan beberapa cara mengatasinya.

1. Komedo

Yang pertama blackhead dan whitehead atau komedo. Komedo muncul saat minyak dan sel kulit mati bercampur dan menyumbat pori-pori.

2. Papul

Pori-pori yang teriritasi dan komedo menjadi radang, kemudian jerawat yang menjadi besar yang disebut papul muncul. Papul merupakan benjolan kecil berwarna merah pada kulit.

3. Pustula

Pustula merupakan komedo yang meradang. Pustula muncul dengan dasar yang merah dengan kepala yang putih, yang dipenuhi dengan nanah.

4. Nodul

Nodul merupakan proses peradangan yang terletak lebih dalam dari papul.

5. Kista

Kista pada jerawat berisi nanah dan cairan.

Untuk mengatasi dan mengobati kelima macam jerawat tersebut, Adinda menyarankan Anda untuk melakukan beberapa langkah.

"Ini sangat penting, jangan menyentuh jerawat dengan tangan, dan jangan memencet jerawat dengan kondisi tangan kotor, karena akan berisiko mengalami infesksi dan sulit hilang atau menjadi bopeng," kata Dinda saat dihubungi, Rabu, 20 Maret 2019.

Dinda juga menyarankan agar tidak menggunakan makeup tebal saat beraktivitas. Penggunaan makeup terlalu tebal dapat menutup pori-pori serta memperparah timbulnya jerawat pada wajah Anda.

"Cara penanganan acne bisa dengan obat topikal atau krim, obat sistemik atau obat minum antibiotik. Bisa juga dengan terapi penunjang seperti chemical peeling, laser, cahaya, injeksi," ujarnya.

Dan yang terakhir, mengonsumsi makanan sehat menjadi kunci wajah terhindar dari jerawat.

"Serta pola makan yang baik dan hentikan penggunaan kosmetik yang diduga menyebabkan jerawat. Selain itu hindari mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak," ucapnya. (zho)