Perpaduan Indah India dan Tiongkok dalam Koleksi Ramadan Ria Miranda

Desainer busana muslim, Ria Miranda
Sumber :
  • instagram @riamiranda

VIVA – Dalam beberapa hari ke depan, masyarakat muslim Indonesia akan menyambut datangnya bulan Ramadan. Selain untuk meningkatkan ibadah, Ramadan juga menjadi menjadi momen tersendiri bagi para desainer modest Tanah Air untuk meluncurkan koleksinya.

Salah satu desainer yang telah siap dengan koleksi Ramadan ialah Ria Miranda. Pada Ramadan tahun ini, ia rencananya akan meluncurkan sebuah koleksi yang diberi nama Kasmaran.

Koleksi ini akan mengangkat tema cinta, di mana Ria meramu kisah cinta antara pasangan legendaris. Koleksi itu juga dihadirkan khusus untuk menemani Hari Raya bagi RiaMiranda Loyal Community.

"Iya, di karya ini aku menampilkan kisah cinta pasangan legendaris. Seperti kisah dari pasangan Mumtaz Mahal dan Shah Jahan dari India, serta Sampek dan Engtay dari tanah Tionghoa," ungkap Ria saat ditemui di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2019.

Ia mengungkapkan bahwa pasangan tersebut menginspirasinya karena keduanya menggambarkan kisah kesetiaan cinta yang diukir oleh sepasang anak manusia. Ia melukis cerita tersebut dalam koleksinya dengan mengadopsi pattern bersentuhan India dan Tionghoa yang khas, seperti bunga khas India dan bangunan dan ornamen lukisan khas Tiongkok.

"Pada koleksi itu aku mengombinasi potongan busana dengan pakaian khas yang berkembang di India dan China," katanya.

Ia menambahkan, koleksi Kasmaran akan tersedia dalam 9 pilihan busana dan 2 pilihan untuk sarimbit (batik berpasangan). Karya ini ditampilkan ditampilkan pertama kali melalui Private Preview Collection pada 12 April 2019.