Jangan Diulangi Lagi, Mencukur Tanpa Air Bikin Ketiak Hitam Lho

Ilustrasi ketiak/bau badan.
Sumber :
  • Pixabay/Nicola Giordano

VIVA – Tak sedikit wanita memilih mencukur ketiak dengan pisau cukur, meski cara ini justru membuat ketiak menghitam. Kesalahan lainnya yang membuat ketiak menghitam adalah mencukurnya tanpa air.

Ahli dermatologi Dr Sheel Desai Solomon kepada Refinery29 menjelaskan, mencukur kulit yang kering dengan pisau tumpul bisa membuat kulit terus menghitam seiring waktu. Meski ketiak hitam cukup umum dan bisa disebabkan oleh genetik dan kondisi lain seperti diabetes, ketiak hitam juga bisa ditimbulkan dari kebiasaan sehari-hari.

Salah satunya adalah mencukur tanpa air. Menurut Solomon, itu bisa menyebabkan kulit menghitam dan menebal seiring waktu, sama seperti mencukur dengan pisau yang tua dan tumpul.

Beberapa deodoran juga bisa menyebabkan iritasi dan menghitamkan kulit seiring waktu, terutama jika deodoran itu mengandung alumunium (yang bisa menyumbat pori-pori). Jadi, apa yang bisa Anda lakukan pada ketiak hitam?

Dilansir dari laman Metro, hal pertama yang Anda lakukan adalah ganti scrub dan exfoliator karena itu hanya menambah iritasi di area yang menghitam. Sebaiknya, buat masker sendiri di rumah menggunakan satu sendok makan jus lemon atau blender timun dan lidah buaya.

Solomon menyarankan untuk mencampur lemon atau timun dengan lidah buaya sebelum mengoleskannya pada ketiak. Kemudian diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya.

Timun mengandung silica yang bisa membantu menstimulasi pertumbuhan jaringan, dengan membantu memulihkan rasa lelah, dan area radang. Sementara jus lemon memiliki efek memutihkan dan lidah buaya meredakan kulit yang stres serta membantu meredakan peradangan.

Tapi, berhati-hatilah menggunakan larutan asam seperti lemon jika Anda punya luka gores atau kulit sensitif. Jus lemon bisa membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap matahari, jadi jika Anda menggunakan cara ini, pastikan untuk menutupi kulit Anda ketika keluar rumah atau aplikasikan sun cream.

Jika deodoran Anda menyebabkan masalah, cobalah produk yang bebas aluminium dan paraben. Antiperspirant yang mengandung bahan kimia tinggi tidak hanya membuat ketiak hitam, tapi juga meninggalkan noda kuning di pakaian putih Anda.

Noda tersebut disebabkan oleh reaksi antara aluminium dan keringat. Hilangkan aluminium sintetis dari ketiak Anda dan Anda akan menghilangkan nodanya juga.